Pengaruh Gaya Belajar Visual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab

Yulia yulia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusiasme peserta didik dalam belajar, hal itu terlihat dari kurangnya respon peserta didik saat diberikan materi, kurang disiplinnya peserta didik dalam mengumpulkan tugas, serta banyak peserta didik yang tidak paham dengan tugas yang diberikan.  Sehingga menyebabkan kurang maksimalnya prestasi belajar. Hal itu dibuktikan dengan sekitar 42% prestasi belajar peserta didik mata pelajaran bahasa Arab kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui gambaran gaya belajar visual di kelas XI SMAIT Al-Fityan School Gowa, (2) untuk mengetahui gambaran prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab di kelas XI SMAIT Al-Fityan School Gowa, dan (3) untuk membuktikan Pengaruh Gaya Belajar Visual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas XI SMAIT Al-Fityan School Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Teknik penarikan sampel penelitian ini yaitu sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata (M) gaya belajar visual sebesar 63,86. Nilai tersebut berada dikategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata (M) prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab sebesar 89,85. Nilai tersebut berada dikategori sedang. Berdasarkan hasil dari analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi < 0,05 (0.00 < 0,05). Kemudian diperoleh persamaan regresi sederhana Ŷ = 79,143 + 0,168x sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Gaya Belajar Visual (X) dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab sebesar 46,9 %. Nilai tersebut termasuk pada tingkat sedang. Adapun sisanya 53,1% prestasi  belajar siswa dipengaruhi faktor-faktor yang lain.


Keywords


Gaya Belajar Visual; Prestasi Belajar

References


Az-zuhaill, W. (2013). Tafsir Al-Wasith Jilid 3 (Cet.I). Gema Insani.

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Cet. I, Vol. 3, Issue April). Cv. Pena Persada. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/345235/BUKU-Metodologi-Penelitian---cover.pdf

Inah, E. N., & Khairunnisa, A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Al-TA’DIB, 12(1), 36. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1220

Indahsari, L. N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mi Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung (Issue 1). IAIN Tulungagung.

Luhur Wicaksono. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran Luhur Wicaksono. J P P Journal of Prospective Learning, 1(2), 9–19. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m

Muhaimin. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

RI, K. A. (2017). Al-Qur’an danTerjemahan. Makkah Quran.

Saefiana dkk. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 150–158. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3976

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS (Cet Iv). Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kauantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan (Cet. I). PT RajaGrafindo Persada.

Syahid, A., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI Umi Makassar. 16(1), 23–34.

Syahrul, M., & Martini, M. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600

Syairozi, M. dkk. (2016). أهمية اللغة العربية في بناء الحضارة العالمية ووضعها في المدارس الإندونيسية. Alfaz, 4(1), 43–56.

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91

Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel