Strategi Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan membaca teks Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di SMP Muhammadiyah 6 Makasssar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomonologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab, siswa kelas VII A, dan kepala sekolah sebagai informan pendukung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru bahasa Arab dalam pemanfaatan media pembelajaran yaitu guru memanfaatkan media cetak salah satunya buku paket pendidikan bahasa Arab SMP Muhammadiyah, dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab adalah menggunakan strategi membaca keras/nyaring (Al-Qira͂’ah Al-Jahriyyah). Faktor pendukung guru dalam mengajar yaitu memotivasi siswa, strategi pembelajaran yang tepat dan menarik serta memberi tugas rumah. Sedangkan hambatan guru dalam mengajar adalah faktor sarana dan prasarana, pembelajaran bahasa Arab yang dianggap sulit, dan faktor lingkungan.
Keywords
References
Akhmad Syahid, S. B. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(1), 23–34. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i1.3
Ansar, Andi Bangsawan, M. Y. (2023). Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital 4.0. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.237
Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran (Firman (ed.); Cetakan Pe, Issue 1). Mata Kata Inspirasi. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4822/1/Strategi Pembelajaran.pdf
Isnaeni, S., & Hafida, N. (2023). 235-457-1-Sm. 1(1), 29–35. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/mujaddid/article/viewFile/235/189
Ramdhan L, Rina, H. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi , Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Ramadhan L , 2 Rina , 3 Hafipah STIM LPI Makassar PENDAHULUAN Potensi sumber daya manusia pada hakekatnya merupakan salah satu modal dan memegang suatu peran yang paling penting da. 3(1), 560–576. https://jurnal.stim-lpi.ac.id/index.php/Jomel/article/view/123/141
Raudatussolihah, B. (2022). Pengembangan Teknologi Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 3(1), 53. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.150
Reza Indrawan, Emzir, E., & Boeriswati, E. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Melalui Teknik Look And Say (Penelitian Tindakan Siswa Kelas IV SDIT Segar Amanah). BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2), 216–224. https://doi.org/10.21009/bahtera.202.08
Rifky, R. (2020). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.95
Romdani, A.-M., & Andriyani, L. (2021). 730 | Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) VII 2021. 730–742. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1050/991
Setiawan, T. Y. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 176–179. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.394
Soniah, Safrizal, & Herlina, E. (2023). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Pagaruyung. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 54–65. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1342
Syukur, H., & Mulyawan, S. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Memahami Teks-Teks Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 53. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v8i1.4655
Thahir, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non-Fisik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 125. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.12
Widastuti, W., Tahir, M., & A. Natsir, A. F. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Flash Card Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran PAI. MUJADDID: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 19–28. http://103.133.36.84/index.php/mujaddid/article/view/228
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.468
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0