penerapan metode qira'ah dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas VII.1 di MTs Negeri 2 Makassar
Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pembinaan lebih lanjut pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII.1 di MTs Negeri 2 Makassar dipengaruhi oleh penerapan metode qira'ah, variabel yang mengganggu pemanfaatannya, dan faktor-faktor lainnya. Penelitian lapangan digunakan untuk penyelidikan ini. Sebanyak 30 siswa kelas VII.1 MTs Negeri 2 Makassar dijadikan subjek uji coba. Mereka adalah guru dan siswa bahasa Arab. Wawasan, pertemuan, dan dokumentasi adalah strategi yang digunakan untuk penentuan data. Penilaian data abstrak dan cerdik adalah metode yang digunakan. Konsekuensi dari pencarian data ini mengantarkan kami pada kesimpulan bahwa secara keseluruhan pemanfaatan pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 2 Makassar secara umum sangat baik karena mengikuti strategi pembuatan model tindakan. Namun, salah satu persyaratan untuk bergabung dengan sistem pembelajaran dengan berbagai strategi.
Keywords
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15–31.
Cahyono, R. Y., Wulandari, H. M., Hartati, S., & Anggraeni, E. Y. (2023). Sistem Informasi Manajemen. Penerbit NEM.
Departemen Agama RI. (2018). Al-Quran dan Terjemahanya.
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Hidayat, R. (2019). Implementasi Peraturan Bupati Aceh Tamiang Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati Kepada Camat (Studi Meningkatkan Pelayanan Pada Masyarakat di Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang). Universitas Medan Area.
Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.
Mujtahidin, M., & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 95–106.
Nanda, Y. D. (2022). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Rifan Financindo Berjangka (RFB) Kepada Stakeholders (Karyawan) Di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Purwantini, A. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN FUNDRAISING SEDEKAH MELALUI MEDIA ONLINE (Studi Kasus pada Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Makassar). Universitas Hasanuddin.
Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Sarwat, A., & Lc, M. A. (2019). Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji & Umrah. Gramedia Pustaka Utama.
Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162–170.
Sufiyanto, M. I., & Hefni, M. (2021). Analisis penggunaan praktikum sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains Di SDN Durbuk III pamekasan tahun pelajaran 2019/2020. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 3(1), 1–17.
Syahrul, M., & Martini, M. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600
Wahab, A., Wasis, W., & Indana, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Minat Baca Dan Meningkatkan Hasil Belajar. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1090. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1090-1099
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.477
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0