Penerapan model Active Learning untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pendidikan agama islam di SD Muhammadiyah 10 Tallo Makassar
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Peningkatan prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 10 Tallo Makassar. Adapun masalah Pokok yang diteliti yaitu kelas V dan apakah model pembelajaran Active Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 10 Tallo Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus Penelitian kelas V berjumlah 30 orang peserta didik, prosedur penelitian, instrument penelitian, teknik analisis data. Waktu dalam penelitian ini 2 bulan yakni dimulai pada tanggal 11 april 2023- 30 Mei 2023 yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus 3 kali pertemuan serta pada pra siklus 1 kali pertemuan. Serta nilai KKM yang diterapkan di sekolah yaitu 75.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning dikelas V mengalami peningkatan dapat dilihat dari pra siklus sampai dengan siklus II. Adapun nilai KKM 75 dan hasil mean yang berhasil pada pra siklus ialah 61 dari 30 peserta didik atau 33,33 % , pada siklus I ialah 69,67 dari 30 peserta didik atau 63,33 % kemudian pada siklus II mencapai 82,66 dari 27 peserta didik atau 82,66 %
Faktor pendukung penerapan Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah profesionalisme dan semangat pendidik dalam
membimbing, membina, mengarahkan, mengontrol, dan menegur peserta didik
meningkatnya antusiasme peserta didik dalam pembelajaran dan adanya minat
belajar peserta didik, sedangkan faktor penghambat peserta didik masih enggan
untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya, serta latar belakang peserta didik
yang berbeda.
Keywords
References
Ahdar Djamaludin. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kopetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV. Kaafah Learning Center.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).
Hamzah B Uno. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penliaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.
Rofiah, N. H. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak di Perguruan Tinggi. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta : RajaGrafindo.
Saur. (2014). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Sholimin, R. (2021). Akidah Akidah Akhlak Dalam Prespektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah. Indramayu : Jawab Barat.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin : Comdes Kalimantan.
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
Wakhidin, A. (2020). Perbaduan Model Pembelajarn Make A Match Dengan Quiz-Quiz Trande. Indramayu : Jawab Barat.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.494
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0