Peran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran tutor sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAIÂ kelas VII A SMP Negeri 1 Bungku. Maka dari itu, kajian utama dalam penelitian ini adalah tentang peran tutor sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar dan faktor-faktor pendungkung juga penghambat peran tutor sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAIÂ kelas VII A SMP Negeri 1 Bungku.
              Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yaitu penelitian yang digunakan apabila ingin melihat dan mengungkapkan suatu keadaan maupun suatu objek, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan reduksi data.
              Berdasarkan hasil penelitian tentang bagaiman peran teman sebaya dalam memotivasi peserta didik adalah dengan memberikan dukungan berupa nasehatnasehat yang dapat membangunkan motivasi belajar peserta didik agar giat dalam belajar dan mengerjakan tugas.
              Hasil penelitian menunjukkan: peran teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di kelas VII A SMP Negeri 1 Bungku yaitu mendorong peserta didik untuk mengerjakan tugas, membantu dalam pelajaran akademik, dan memastikan tutor sebaya memahami materi.Keywords
References
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2). http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401
Fuadah, A. (2022). Pembelajaran Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Anak. Lingkungan Handayani:Pusat pengembangan pendidikan dan penelitian indonesia.
Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1).
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixek Method, Serta Research dan Development. Jambi:Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan.
Sardiman. (2018). Interaksi Belajar Mengajar.
Subaedah, D. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas …. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD …, 4(1), 64–73. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=81076
Sudjamiko. (2020). Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Surani, S., Saputri, A., & Mustamin, M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Education and Learning Journal, 3(1), 45. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.149
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Widi Winarni Endang. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta:Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.507
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0