Hubungan Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Guppi Samata Gowa

Suci Anugerah Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi pembelajaran dengan motivasi belajar siswa SMA Guppi Samata Gowa dan untuk mengetahui sejauh mana hubungan strategi pembelajaran dengan motivasi belajar siswa SMA Guppi Samata Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian desain deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Guppi Samata Gowa. Waktu penelitian dilakukan kurang lebih selama 2 bulan. Data yang digunakan adalah data hasil kuesioner yang diberikan kepada siswa SMA Guppi Samata Gowa. Populasinya seluruh siswa siswi yang berjumlah 97 siswa yang ada di SMA Guppi Samata Gowa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar siswa SMA Guppi Samata Gowa. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi antara variabel X dengan Y sebesar 0.650 dan diperoleh p-value = 0.000 yang berarti p <α. Hal ini menunjukkan H0 ditolak H1 diterima. Koefisien determinasi sebesar 42% yang berarti bahwa adanya pengaruh antara variabel X dan Y yaitu sebesar 42% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar; SMA Guppi.

References


Ag, L. (2018). Hubungan Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN Bontociniayo Kabupaten Gowa [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5536-Full_Text.pdf

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Dwi Harmita, Fina Sofiana, A. A. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2195–2203. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6932

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v 23i2.2291

Notoatmodjo. (2018). Jenis dan Desain Penelitian. Penelitian Deskriptif Adalah, 1–8. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/2324/4/BAB III.pdf

Nurdyansah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Ibtiaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 929–930. http://eprints.umsida.ac.i d/1610

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Ryfa. (2020). Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Jenis-Jenis, hingga Contohnya. Kumparan. https://kumparan.com/berita-update/penelitian-kuantitatif-pengertian-jenis-jenis-hingga-contohnya-1upQ0q78OZh/full




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel