Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tematik Peserta Didik

Nurmala Supirman, Muh Aidil Sudarmono R, Syamsuddin Kade

Abstract


Skripsi ini membahas tentang “Dampak Pelibatan Media Visual Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Pokok Bahasan Siswa Kelas III SDN 643 Gamaru Kabupaten Luwuâ€. Pembelajaran topikal, dan (2) untuk melihat apakah media visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran topikal kelas III di SDN 643 Gamaru Kabupaten Luwu. Jenis pemeriksaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subyek dalam kajian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 siswa di SDN 643 Gamaru Kabupaten Luwu. Informasi dikumpulkan dengan menggunakan strategi, persepsi, dan Tes, serta dokumentasi. Setelah informasi terkumpul, kemudian diselidiki dengan menggunakan teknik laju dan ditentukan, disetujui dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mendapatkan informasi yang substansial. Konsekuensi dari ujian yang digunakan di SDN 643 Gamaru ditemukan adanya hubungan atau pengaruh yang mempengaruhi media visual terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, khususnya siswa yang mendapatkan nilai ujian yang meningkat setelah menerapkan media visual sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Tematik.


Keywords


Media Visual; Peningkatan Prestasi; Pelajaran Tematik

References


Daftar Pustaka

Al-Qur’an

Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kementrian Agama Republik Indonesia (Semarang, CV Asy Syifa’ 2001)

Akhmad syahid, syamsul bachri, Pengaruh Kompetensi guru, Motivasi berprestasi dan budaya organisasi terhadap kinerja menajar Guru MI, Vol, 16, No 1, hal. 81.

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011),

Anas Sudjana, Pengantar Statistik Pendidikan, (Cet. IV; Jakarta: Rajawali Press,1992),

Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013)

Diandra Izzani Sari, Pengaruh Pembelajaran Media Visual Terhadap Meningkatnya Minat Belajar Siswa Sekolah Dasa, (Universitas Nergeri Yogyakarta 2020.)

Dliyaul Millah dan M. Noor Sulaiman Syah Implementasi pembelajaran Tematik Integratif di kelas I sekolah dasar negeri 2 barongan Kadus 2013

Ghazaali,I. (2016)Aplikasi analisis multivariate dengan program IMB SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan penerbit universitass diponegoro.

H. Sa’dullah, Metode Praktis Menghafal al-Qur’an (Cet. I; Sumedang: Ponpes al- Hikamussalafi Sukamantri, 2005),

Haslena, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X

Hassanuddin judul â€Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas III Mi Di Miftahul Hidayah Pondok Gede†diterbitkan 2015

Hikamussalafi Sukamantri, 2005),

Linawati, Zaainuddin,Suryani dengan judul penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran disekolah

Meningkatnya Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, (2020) universitas negri Yogyakarta

Nana Sudjana, Tuntunan Penulisan Karya Tulis Ilmiah(Bandung: Sinar Baru,2000)

Salim, Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Perdana Publishing, 2015

Subaedah, dkk, Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Student teams Achievement division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar , Vol, 4, No, hal. 64.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0