Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Abnaul Amir

Irma Irma

Abstract


Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya menigkatkan hasil hasil belajar siswa dengan menggunkan model make a match pada mata pelajaran ips kelas IV Mi Abnaul Amir. dalam suasana yang meneyenangkan, dipahami bahwa metode make a match merupakan cara bekerjasama dengan teman-teman lainnya, dan bagaimana kita berinteraksi dengan teman sebaya kita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian kualitatif serta dalam pengumpulan proses pengumpulan data, peneulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam ini penulis menadakan peneliti yang bersifat menggambarkan secara keseluruhan tentang keadaan yang sebelumnya. Hasil penelitian yang di lakukan di MI Abanul Amir menunjukkna bahwa guru kelas mengajar menggunakan berbgai metode pembelajaran yang berfariasi seperti metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan tugas agar siswa termotivasi mengikuti pembelajaran dan aktif serta efektif sehingga siswa tidak bosan dan tidak jenus saat proses pembelajaran berlangsung.

Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Make A Match; Pembelajaran IPS.

References


Andi Prastowo,( 2012 ),Metode penelitian kualitatif:dalam perfektif Rancngan penelitian.yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Doni Jani Priasa,Perkembagan Strategi Dan Model Pembelajaran (Cet,2;Bandung :Pustaka Setia.

Endang Muliyanti nengsi,metode penelitian terhadap bidang pendidikan ( bandung ; alfabeta, 2019 ), h. 230

Hamsah B Uno.Teori Motivasi Pengukuran Analisa di Bidang Pendidikan,(Jaarta:Bumi Aksara 2007)

Lexy J. Moelong ( 2002) Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung;Remaja Rosdakarya

Ngalin Purwanto,Psikologi Pendidikan

Oemar halik, kurikulum dan pembelajran, ( ce.7; Jakarta: PT Bumi aksara.2008)

HR Abu dawud no 3641,/& tirmidzi

Persada, 2008Ngalin Purwanto,Psikologi Pendidikan

Paul Egga & Don Kuach, Strategi Dalam Model Pembelajaran (PT Indeks,Pemata Puri Media, Kembangan Jakarta Barat : 2012 )

Syafaruddin Dan Irwan Nusation,Manajemen Pembelajaran,(Jakarta:kuantum Teacing,2005

Suyanto (2009;72) Penerapan Metode Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips,Yogyakarta:Universitas Negri Yogyakarta

Suharsimi Arikunto,(2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta :Rineka Cipta

Sudirman,Interaksi,dan Motivasi Belajarar, ( Jakarta : PT Raja Grafindo)

Tukiran dkk, Model model Pembelajaran movativ dan Efektif, H 67

Sarmowo.Psikologi Remaja,( Jakarta : Raja Grafindo Persedia,2005 )

Syahariyah S.Pd.I wali Kelas IV Wawancara mengenai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Make A Match,Ruang kelas IV

Syahariyah S Pd.I Wali Kelas IV Wawancara Mengenai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Make A Match Ruang Kelas IV

Yuliana,Kemampuan Guru Melksanakan Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Munawariyah Palembang,Skripsi : UIN Raden Fatah Palembang




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0