Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mappingping Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam

Nurul Izzah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mappingping terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada bidang Studi Pendidikan Agama Islam kelas VIIIA di SMP Islam Darul Hikmah Makassarâ€. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari Pra siklus, siklus I dan siklus II. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA di SMP Islam Darul Hikmah Makassar yang terdiri dari 29 orang peserta didik. Adapaun Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancana, tes, dan dokumentasi. Tes dilakukan dalam dua tahapan yaitu pre-test dan post-test. Pre-test adalah evaluasi yang dilakukan pada pertemuan pertama sebelum memulai pembelajaran, dengan tujuan untuk mendapatkan parameter tingkat pengetahuan peserta didik terhadap materi yang akan disampaikan, sedangkan pos-test dilakukan setiap akhir pertemuan pada masing-masing siklus I dan Siklus II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus persentase dan nilai rata-rata (mean) baik untuk analisis data lembar aktivitas peserta didik maupun peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan metode Mind Mappingping dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIIIA di SMP Islam Darul Hikmah Makassar terutama dalam bidang studi PAI baik pada pra siklus maupun pada siklus I dan siklus II. Hal ini sesuai dengan hasil tes yang dilakukana peneliti terhadap peserta didik pada saat proses pembelajaran di kelas, dimana pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 69,66 dengan persentase 31,03% (cukup baik), kemudian pada siklus I diperolah rata-rata 77,41 dengan persentase 58,62% (baik), sedangkana pada siklus II diperoleh rata-rata 82,59 dengan persentase 82,76% (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar peserta didik pada bidang studi PAI disetiap siklus mengalami peningkatan

Keywords


Penerapan; Mind-Mapping; Prestasi Belajar

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arifin, B. (2013). Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Mata Pelajaran IPA Tentang Sumber Daya Alam di Kelas IV MI Wahid Hasyim TP 2012/2013. UIN Sunan Kalijaga.

Asrori, A., Lema, I. H. P., & Rusman, R. (2023). Implementasi Metode Mind Mapping Berbasis Software Gitmind Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Surabaya. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(3), 267–278.

Aulia Putri, A. P. (2022). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Mi Pendidikan Karya Pembangunan Kabupaten Kapuas.

Enibetri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan “Ke Bhinekaan†untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi. UIN Sultan Thaha Saifuddin.

Enjang, A. S. (2023). Komunikasi Konseling: Wawancara, Seni Mendengar hingga Soal Kepribadian. Nuansa Cendekia.

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Novriantoni, F., & Khoiri, Q. (2023). Masa Depan Pendidikan Islam di Indonesia, Eksistensi, Proyeksi dan Kontribusi. Journal on Education, 5(3), 8184–8193.

Ramadani, F., Melisa, F., & Putri, D. A. E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2).

Reza, F., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi E-Smile (Elektronic Service Mobile)(Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulang Bawang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 56–65.

Rusli, M., Hermawan, D., Supuwiningsih, N. N., & Bali, S. (2019). Multimedia pembelajaran yang inovatif: Prinsip dasar dan model pengembangan. Penerbit Andi.

Salim, S., Karo-Karo, I. R., & Haidir, H. (2022). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.

Setyarini, D. (2019). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30–44.

Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162–170.

Wahab, A., Wasis, W., & Indana, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Minat Baca Dan Meningkatkan Hasil Belajar. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1090. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1090-1099

Zuhdi, A., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). The importance of education for humans. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(1), 22–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0