Problematika Mahasiswa Semster 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah

Putri Rahmayanti Madina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui proses pembelajaran maharah al-qira’ah pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia. 2) mendeskripsikan problematika yang terjadi pada mahasiswa dalam pembelajaran maharah al-qira’ah dan mencari tahu seperti apa solusi yang bisa diterapkan untuk meminimalisir problematika tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif.  Jenis analisis data deskriptif kualitatif kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadan secara sosial. Sekaligus merupakan gabungan dari teknik analisis data deskriptif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran maharah al-qira’ah mulai dari pembukaan, kegiatan inti, dan penutup serta metode yang digunakan selama proses pembelajaran. Peneliti juga menemukan beberapa problematika dalam pembelajaran maharah al-qira’ah pada mahasiswa semester diantaranya : 1) Pengetahuan tentang bahasa arab masih sangat minim, 2) Kurangnya minat, 3) Merasa jurusan yang tidak sesuai 4) Kesalahan dalam membaca huruf hijaiyah 5) Penggunaan buku digital. Berdasarkan hasil wawancara kepada bapak Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab dosen pengampu mata kuliah maharah al-qira’ah menyatakan bahwa ada beberapa solusi yang bisa diterapkan untuk meminimalisir problematika yang terjadi, antara lain : 1) Memberikan motivasi kepada mahasiswa 2) Memisahkan ruang kelas antara mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah umum 3) Melakukan pembelajaran otodidak diluar perkuliahan.

Keywords


problematika pembelajaran; Maharah al-qira’ah

References


Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.39-56

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2). http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401

Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Habibah, C. R. Al, & Irhandayaningsih, A. (2017). Implementasi Peraturan Walikota Semarang No. 26 Tahun 2012 Dalam Penyediaan Dan Pemenuhan Kebutuhan Arsip Oleh Pusat Informasi Publik Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 531–540. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23185

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Jabbar, M. A., Kahar, F., & Wahyudin, W. (2022). Penggunaan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Kelas X MA Al-Ikhlas Labunti Raha Sulawesi Tenggara. Education and Learning Journal, 3(2), 108. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.176

Mahmudin, W. (2019). Problematika Pembelajaran Al-Qira`Ah Dan Solusi Pemecahannya. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 135–162. https://doi.org/10.47971/tjpi.v1i1.103

Maros, F., Elitear, J., Tambunan, A., Koto, E., Kominfo, K., Iii, A., & Utara, U. S. (2016). Field research ).

Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.

Rahman, F., Hakim, A., & Abdullah, N. (2022). Komunikasi Dakwah Guru Mengaji Dalam Pembinaan Akhlak Santri TPQ Ulumul Qur’an An-Nur Kelurahan Mampu Kecamatan Wajo Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 18(2), 173–185. http://103.133.36.84/index.php/islamicresources/article/view/116%0Ahttp://103.133.36.84/index.php/islamicresources/article/download/116/83

RAPHAEL, S. (2019). Descriptive Method. An Oak Spring Sylva, 7(1), xxvii–xxviii. https://doi.org/10.2307/j.ctvckq9v8.7

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Solikhin, I., Sobri, M., & Saputra, R. (2018). Sistem Informasi Pendataan Pengunjung Perpustakaan (Studi kasus : SMKN 1 Palembang). Jurnal Ilmiah Betrik, 9(03), 140–151. https://doi.org/10.36050/betrik.v9i03.40

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Muhammad. (2020). Al-Rada’ah Perspektif Hadis. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, Fakultas agama Islam UMI. 01(20), 95-106.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0