Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas V SD Negri 10 Doang-Doangan Caddi Pangkep

Sitti Arafah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk karakter siswa, serta apa saja kendala yang di hadapi guru dalam membentuk karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang dilakukan dalam satu bulan dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru kelas V SD 10 doang-doangan caddi pangkep untuk membentuk karakter sisiwanya dengan cara menerapkan pembiasaan yang dilakukan siswanya, berdiskusi, pemanfaatan media pembelajaran, kerjasama antar orang tua dan melakukan evaluasi, serta bertanggung jawab. Kendala yang dihadapi guru kelas V SD 10 doang-doangana caddi pangkep yaitu kurangnya respon siswa, orang tua murid yang kurang mengerti, dan kurangnya fasilitas sekolah.

Keywords


Strategi Guru; Pembetukan Karakter; Karakter Peserta Didik.

References


Amri,Sofan,dkk,2011,Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pemebelajaran, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Bahri,Syaiful, dan Aswan Zain, 2014, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta

Fatma, Nirra,2018, Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan, Kediri

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia

Huudiyono, 2012, Membangun Karakter Siswa, Jakarta: Erlangga

http://eprnts.umpo.com.ac.id/4700/2/BAB%202.pdf, Diakses pada 21 Juli 2022. Pukul 21:12 WITA

Jihad, Asep, dan Abdul Haris.2013 Evaluasi Pembelajaran, Yokyakarta: Muulti Presindo

Marno dan Idiris 2008, Strategi dan Metode Pembelajaran, Jokjakarta: AR-Ruzz Media

Ramayulis, 2013, Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Muliah

Sanjaya, Wina, 2016, Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan Standar Pendidikan ),Jakarta: Kencana

Sugiyono,2010,Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif ,Kuualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Supardi, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Yokyakarta: Cakrawala Ilmu

Suparlan,2008, Menjadi efektif, Jokjakarta: Hikayat Publising

Wati Oviana, Kemampuan Guru IPA Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa Pada MTsN Di Aceh, Banda Aceh: (Jurnal Online) Vol, 20 No, 2, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0