Problematika Pembelajaran MahÄrah Al-KitÄbah Pada Peserta Didik Kelas X.B Di SMA Muhammadiyah 7 Makassar

Ismawati Ismawati

Abstract


Dalam mempelajari bahasa Arab pastinya ada beberapa problematika yang muncul. Beberapa problematika yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga siswa mempelajari bahasa Arab harus ada kesadaran dan usaha dengan seluruh daya dan upaya untuk membentuk suatu kebiasaan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran mahÄrah al-kitÄbah pada peserta didik kelas X.B di SMA Muhammadiyah 7 Makassar.metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Problematika pembelajaran mahÄrah al-kitÄbah pada kelas X.B di SMA Muhammadiyah 7 Makassar yaitu masih rendahnya kemampuan dalam membaca menulis Arab, minimnya alokasi waktu pembelajaran bahasa Arab, lingkungan sekitar sekolah yang kurang kondusif dan masalah pendidik melakukan pelatihan khusus mahÄrah al-kitÄbah.

Keywords


Problematika Pembelajaran, Maharah Kitabah

References


Al Ghozali, M. D. H., & Mathoriyah, L. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang. Jurnal Education and Development, 8(4), 89. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2090/1089

Andry Eka Setiyawan, Akla, & Walfajri. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.56874/faf.v2i1.356

Ariyanto, J., & Nurhayati, U. (2023). Problematika Pembelajaran maharah Kiabah di MTS. Islam Al Mukmin Ngruki Cemani Grogol Sukoharjo 2015-2016†Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Pba) Sekolah Tinggi Islam Al …. Sanaamul Qur’an, 4, 25–47. https://jurnal.stimsurakarta.ac.id/index.php/sanaamul-quran/article/view/51%0Ahttps://jurnal.stimsurakarta.ac.id/index.php/sanaamul-quran/article/download/51/23

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181

Jumrianih. Anwar, F. U. (2019). Problematika Pembelajaran maharah al-kitabah siswa kelas XI IPB SMAN 4 Bantaeng. Eprints, 1, Hlm. 1-8. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15146

Muliansyah, A., & Baroroh, R. U. (2020). Interferensi Gramatika Maharah Kitabah dan Penyebabnya Pada Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 37. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1289

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Mustikasari, E., Umam, N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Ulama, N., & Pangandaran, A.-F. (2023). Membangun Komunikasi Efektif Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Di Smk Samudera Buana Langkaplancar. Jurnal Literasi Unggulan Ilmiah, 1(1), 24–31.

Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 34. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.48

Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, TARBIYA ISLAMICA ISSN (p): 2303-3819-; ISSN (E):, 1, 1–8. http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Supriadi, A., & Sutarjo, J. (2020). PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH Abstrak A . Pendahuluan Pengajaran bahasa Arab pada peserta didik Madrasah Aliyah dihadapkan pada berbagai problema . Problema-problema yang dirasakan berupa problema linguistik dan problema non lingu. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(02), 211–230. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2314

Teatantia, & Nurhadi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Portable Engklek Arabic Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.02

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Wahyudin, W., & Thahir, I. (2022). Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Berbahasa Arab Via Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA-FAI) UMI Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 68. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.149




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0