PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 7 CENRANA KAB. MAROS
Abstract
Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah saru model kooperatif yang fokus menekankan pada pendekatan motivasi belajar peserta didik. Maka tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan model CIRC dalam pembelajaran PAI dan; (2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta didik di kelas VIII A SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan, pertama, mengetahui penerapan model pembelajaran CIRC pada peserta didik menunjukkan bahwa sebagian besar rata-rata mereka berada pada kategori baik (siklus 1 dan siklus 2), yaitu Jumlah skor kriterium (bila setiap butir mendapat skor tertinggi) = 4 x 15 x 27 = 1620. Untuk skor tertinggi tiap butir = 4, jumlah butir = 15 dan jumlah responden = 27. Jumlah skor hasil pengumpulan data = 1093. Dengan demikian menurut presepsi 27 reponden itu 1093 :1620 = 70.0%, kedua, penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan rata-rata mereka berada pada kategori baik (angket motivasi belajar), yaitu dengan jumlah skor Kriterium 168:8x27=77,78%.
Keywords
References
Abidin, Y. Pembelajaran Membaca Berbasis Karakter. (Bandung: Refika Aditama, 2016)
Agasta Ria Sastika, Elfi Susanti V H , dan Ashadi, Implementasi Metode Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Yang Dilengkapi Media Macromedia Flash Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 3 Sragen, (Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia, 2013)
Anas Sudjiono. Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)
Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (Jakarta : Ar-Ruzz Media, 2014)
Departemen Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahnya., (Bandung : Toha Putra, 2002)
Hasil Wawancara, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII A SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros (Cenrana: 2022)
Madjid, Peningkatan Motivasi Belajar Tarikh Melalui Metode CIRC, (Jurnal IAIN Curup, 2019)
Nana sayodhi sukmadinata, “metode penelitian pendidikanâ€, (Cet.XI, Banung: PT Remaja Rosda Karya, 2016)
Paizaluddin, Ermalinda., Penelitian TIndakan Kelas. (Bandung : Alfabeta :2013)
Robert E. Slavin, Cooperaive Learning (Theory, Research and Practice), Diterjemahkan oleh Narulita Yusron dengan judul “Pembelajaran Kooperatif Teori, Riset dan Praktekâ€.(Bandung : Nusa Media, 2008)
Saur Tampubolon, Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan, (Cet.I; Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2014)
Sugiyono, Metode Penelitian, (Bandung: Alfabeta. 2018)
Trianto, Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan & tenaga kependidikan, (Jakarta: Kencana, 2010)
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2013 (Bandung: Citra Umbra: 2014)
Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan, (Jakarta; Kencana: 2013)
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.590
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0