Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI
Abstract
Permasalahan mendasar yang dipusatkan dalam ujian ini adalah bagaimana pemanfaatan teknik pembelajaran Buzz Gathering dapat lebih mengembangkan hasil pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI IPA 2 MAN Rezim Tana Toraja dan apa saja unsur-unsur penindas dan pendukung dalam melaksanakannya. strategi Buzz Gathering di kelas Toraja. Maksud dari eksplorasi ini untuk lebih mengembangkan hasil belajar siswa di kelas adalah penelitian kegiatan wali kelas (PTK) dalam ujian ini, subjek ujiannya adalah siswa kelas XI IPA 2 MAN Peraturan Tana Toraja dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan laki-laki 23 orang. pelajar perempuan. Instrumen yang digunakan adalah persepsi, yaitu menyebutkan fakta obyektif langsung siswa di kelas soal-soal. Dilihat dari hasil ujian yang telah dipimpin, terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini harus terlihat melalui siklus-siklus yang telah diselesaikan. Dengan tanda kemenangan 80, nilai normal pretes siswa sebesar 66,85 dengan taraf 31,4%, nilai normal pascates siklus I sebesar 71,85 dengan taraf 48,5% dan nilai normal pascates normal pada siklus II sebesar 85,85 dengan taraf 80%. Informasi tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dan telah memenuhi tanda prestasi kelas yaitu 80 (sangat baik) dengan melaksanakan teknik pembelajaran Buzz Gathering.
Keywords
References
Abdullah Sani, R. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru (Cet 1). Tsmart Printing.
Ahmad Munjin Nasih, L. N. K. (2013). Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Cet II). PT Refika Aditama.
Ahmad, S. (2019). Jurnal Ilmiah Islamic Resources. Journal Ilmiah Islamic Resources, 16(1), 23–34.
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Cet I). PT Bumi Aksara.
Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. LeutikaPrio.
Fika, F. F. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Global Eksekutif Teknologi.
Humairah M., H. M., Mustamin, M., & Zainal, A. Q. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 8. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226
Husna Farhana, Awiria, N. M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Cet I). Ubharaja.
Maru, S. dan R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam bingkai penelitian tindakan kelas (Cet I). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Mukrimaa, syifa s. (2014). 53 metode belajar dan pembelajaran (cet 1). Bumi Siliwangi.
Purwnto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar (cet VII). Pustaka Pelajar.
Razak, A. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda. Pendidikan, 1.
Saur, T. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.
Shamad, I., Hasibuddin, & Nurfatimah, A. (2021). Journal of Gurutta Education ( JGE ). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di SDN 24 Maros, 1(2), 80–93. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1393
Sinar. (2018). Metode Active Learning-Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deephublish.
Sukmawati. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Buzz Group dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendiidkan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 38 Palembang. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Wijaya, R. dan T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan KelasNo Title (Cet I). Noktah.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.651
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0