Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Kota Makassar

Umi Yuniati Ismail, Syarifa Raehana, Bambang Sampurno

Abstract


 

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode Cooperative Script guna meningkatkan pencapaian belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI V di MAN 2 Makassar. Tujuan penelitian mencakup deskripsi proses pembelajaran menggunakan metode Cooperative Script serta evaluasi prestasi belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Proses penelitian melibatkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi sebagai komponen utama dalam satu siklus. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI V, terbagi menjadi 14 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa penerapan metode Cooperative Script berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI V di MAN 2 Makassar. Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 68,45 dengan 20% peserta didik mencapai kategori Kurang Baik. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 98,075, dan seluruh peserta didik mencapai kategori Sangat Baik, melebihi nilai KKM. Kesimpulan penelitian menunjukkan keberhasilan metode Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa penerapan metode Cooperative Script berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI V di MAN 2 Makassar. Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 68,45 dengan 20% peserta didik mencapai kategori Kurang Baik. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 98,075, dan seluruh peserta didik mencapai kategori Sangat Baik, melebihi nilai KKM. Kesimpulan penelitian menunjukkan keberhasilan metode Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.


Keywords


Metode Cooperative Script; Peningkatan Prestasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam

References


Abdulloh Dkk. Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Cet. 1; Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

Abuddin, Nata. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Cet. 1; Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Adam Malik Dan M. Minan Chusni, Pengantar Statistika Pendidikan: Teori Dan Aplikasi, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Aditya Faruk Alfurqan dan Maizuddin, Penafsiran Surat Al-Dhuha Menurut Al-Baidhawi dan Bintu Al-Syathi, Journal Of Qur’anic Studies, Vol 5 No 2 (July-December 2020).

Afi, Parnawi. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. 1; Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2020.

Arga Nizar Adiatma Dalam Skripsinya, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di MTsN Kediri 2”. 2015.

Armos Neolaka Dan Grace Amialia A. Neolaka. Landasan Pendidikan. Cet. 1; Depok: Kencana, 2017.

Aslan Dan Suhari. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pontianak: Razka Pustaka, 2018.

Heris Hendriana, Dan Afrilianto M., “Panduan Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas Suatu Karya Tulis Ilmiah”. Cimahi: PT Refika Aditama, 2014.

Herman, Dkk. Teknologi Pengajaran. Cet. 1; Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Huda Miftahul, Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2019.

Hopkins, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Mirawati Dalam Skripsinya, “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 110 Jakarta”. 2020.

Moh, Suardi. Belajar Dan Pembelajaran. Cet. 1; Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2018.

Nasution, Syamruddin. Sejarah Peradaban Islam. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Rani, Rahim Dkk. Pendekatan Pembelajaran Guru. Cet. 1; Yayasan Kita Menulis, 2021.

Reka, Putriana Dalam Skripsinya, “Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 8 Teluk Dalam Simeulue”. 2019.

Republik Indonesia, “Undang- Undang Republic Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional” Pasal 3.

Rijal Firdaus, Desain Instrument Pengukuran Afekti, Bandar Lampung: CV .Anugrah Utama Raharja: 2016.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Cet. 1; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Situmorang Manihar, Penelitian Tindakan Kelas. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019.

Sukardi, Metedologi Penelitian Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Syukurman. Sosiologi Pendidikan. Cet. 1; Jakarta: Kencana, 2020.

Wina, Sanjaya. Penelitian Pendidikan. Cet. 1; Jakarta: Kencana,2013.

Wahab, Efektifitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningksysn N-Gain di PGMI.Jurnal Basicedu, Vol.5 No, 2021.

Zaiful, Rosyid Dkk. Prestasi Belajar. Cet. 1; Malang: Literasi Nusantara, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor