Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Abstract
Pendidikan tidak hanya mencakup pengembangan intelektual saja akan tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan kepribadian anak didik secara menyeluruh sehingga anak menjadi dewasa. Untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajarannya agar menjadi peserta didik yang dewasa dalam berpikir (penalaran, komunikasi, dan koneksi yang baik) maka dari itu pendidik perlu menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII-2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Metode Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan desain Penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) populasi pada penelitian ini merupakan kelas VIII-2 yang berjumlah 26 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsrvasi, angket, dokumentasi.dengan penggunakan pengujian validitas, realibilitas, teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, analisis inferensial, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji independent sample dan uji N-gain Dengan menggunakan bantuan program computer SPSS Versi 26 Windows. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa metode pembelajaran berbasis maslah Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based learning) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari nilai Pretest pada peserta didik sebelum diterapakan masih rendah dan setelah diterapkan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) nilai Posttest pada peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai pada pretest kelas eksperimen 68,37 dan nilai pada posttest kelas eksperimen 90,44 sedangkan nilai pada posttest kelas kontrol 68,87 dan nilai posttest kelas kontrol 74,37. Akan tetapi, pada pengujian N-gain Score sebagai upaya menguji efektivitas metode pembelajran menunjukan skor 69% yang berarti metode yang terlaksanakan di SMP YP Pgri Disamakan Makassar dalam kategori cukup efektif.
Keywords
References
Amka (2020) Efektivitas sekolah Inklusif.
Chanifuddin (2016) ‘Potensi Belajar Dalam Al-Quran (Telaah Surat an Nahl : 78)’, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5, pp. 1411–1429.
Endra, R. Y. and Aprilita, D. S. (2018) ‘E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik’, Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika, 9(1). doi: 10.36448/jsit.v9i1.1028.
Ernawati, I. (2017) ‘Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server’, Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), pp. 204–210. doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
Muhammad, F. and Sulistyorini (2012) Belajar dan Pembelajaran.
Nindarti, N., Suherman, S. and Anwar, S. (2018) ‘Meningkatkan Konsep Trigonometri Berbasis Nilai Keislaman Melalui Buku Saku’, Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), pp. 291–300. doi: 10.35450/jip.v6i03.115.
Plutzer, M. B. B. and E. (2021) ‘metode pengumpulan data dan istrumen penelitian’, p. 6.
Pratiwi, I. T. M. and Meilani, R. I. (2018) ‘Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), p. 33. doi: 10.17509/jpm.v3i2.11762.
Purnomo, B. (2017) ‘Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), pp. 237–255. doi: 10.22437/gentala.v2i2.6809.
Puspita, A. M. I. and Purwo, S. (2019) ‘Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), pp. 1–7. doi: 10.15575/al-aulad.v2i1.4426.
Syaparuddin, S. (2020) ‘Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral’, Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), pp. 173–186. Available at: https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317.
Uswatun, H. (2019) ‘Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 8–19.
Yusuf Aditya, D. (2016) ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), pp. 165–174. doi: 10.30998/sap.v1i2.1023.
Zubaidah, S. (2017) ‘Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan ....’, Conference paper, (April 2016).
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.751
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0