Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Nurul Afifah, Hasibuddin Hasibuddin, Muh. Azhar Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI.B SMA Negeri 8 Wajo tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI.B SMA Negeri 8 Wajo.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus. Prosedur kerja dalam penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hubungan keempat komponen tersebut dipandang sebagai salah satu siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI.B dengan jumlah peserta didik 32 orang, yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyajikan bahwa sebelum melakukan penelitian pada siklus I diberikan tes untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dan diperoleh rata-rata peserta didik hanya mencapai 60,62, kemudian pada siklus I rata-rata peserta didik yang diperoleh 73,75, dan pada siklus II nilai rata-rata 89,06. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI.B SMA Negeri 8 Wajo meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI.B di SMA Negeri 8 Wajo.


Keywords


Model Pembelajaran; Project Based Learning; Hasil Belajar

References


Anufia, Budur, and T. A. (2019). Instrumen pengumpulan data.

Arman Maulana, S. R. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosianal Standar Paud (A. Maulana (ed.). Guepedia.

Ella. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islama.

Heris Hendriana, dan A. (2014). Panduan Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas Suatu Karya Tulis Ilmiah.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.

Lince, L. (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan." Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai. Vol.1.

Nengsih Ratika. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, Vol.3 No.2, 102.

Rika Yulianti, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Online Mahasiswa Ftk Uniks, Vol.3 No.2, hal.250.

Samsiadi, R. (2022). Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal Of Education, Vol.8 No.1.

Syahid Akhmad. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journa, Vol.1, No., 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0