efektivitas Metode Muroja'ah Terhadap Mutu Hafalan Al-Qur'an Santriwati

Marnida Marnida, Ratika Nengsih, Abdul Qahar Zainal

Abstract


Proposisi ini mengkaji tentang kecukupan teknik muroja’ah terhadap sifat hafalan Al-Qur’an siswi di Pondok Pesantren Tilawah dan Tahfidzul Qur’an Taqwa Makassar. Sasaran penelitian ini adalah (1) Untuk menggambarkan pelaksanaan strategi muroja'ah retensi Al-Qur'an pada siswa perempuan di Sekolah Pengalaman Kehidupan Islam Tilawah dan Tahfdzul Taqwa di Makassar. (2) Untuk mengetahui dan mengevaluasi dampak metode muroja’ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati di Tahfidzul Qur’an Taqwa Makassar dan Pondok Pesantren Tilawah. Eksplorasi semacam ini adalah penelitian lapangan. Memanfaatkan teknik campuran. Penelitian yang menggabungkan subyektif dan kuantitatif, titik fokus eksplorasi ini adalah seluruh santriwati di PPTQ Taqwa Makassar berjumlah 30 orang, ditambah 1 orang guru (pendamping tahfidz). Prosedur pengumpulan informasi adalah: Analisis N-Gain yang dilanjutkan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi untuk melengkapi data penelitian. Hasil Penelitian: (1) pelaksanaan teknik muroja’ah terhadap sifat retensi Al-Qur’an Santriwati terlaksana dengan baik. (2) Informasi yang diperoleh dan hasil pemeriksaan yang dilakukan, nilai N-Gain sebesar 0,60 menunjukkan bahwa kelayakan teknik muroja'ah terhadap sifat retensi siswa perempuan berada pada kelas sedang. Unsur pendukung santri putri dalam retensi muroja'ah adalah adanya sasaran, inspirasi dari kedua wali dan keluarga terdekat, program muroja'ah (sima'an) yang terarah dan hibah bagi santri berprestasi yang mempunyai kualitas zikir yang baik. Selain faktor pendukung, ada pula faktor lain yang menekan siswa dalam muroja'ah, yaitu sikap apatis, bagian yang tertinggal hilang lagi, dan sulit berkonsentrasi.

Keywords


Metode muroja’ah;Mutu hafalan.

References


Abdullah. (2022). Strategi Belajar dan Mengingat Al-Qur'an. Cet. I.(Bantul: 2022: Kata Farm Institute

Abdurahman. (2018). Pendidikan Agama Islam berbasis Adobe Flash dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa. Tanggerang: PT. Peneliti Komputerisasi Mediatama.

Al-Khalil. (2017). Peliharalah Al-Qur'an tanpa membacanya. Cet. (Sukorharjo: XI) Pustaka Arafah.2017).

Almulham, A. (2019). Jadikanlah keberkahanmu dari surga dan jadilah Hafiz Al-Qur'an. Cet. III (Sukoharjo: Al-Ibda' Al-Fikr.

Andi Buyamin, Ahmad, (2023) “Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznaz Sul-Sel”,Journal Of Islamic Laws And Studies, Vol 2, No 1.

Ernawati. (2017). Referensi kata bahasa indonesia. Cet. Saya (Jakarta: Bmedia)

Febrianti. (2019). “Penggunaan Strategi Pembelajaran Kelompok Tes untuk Lebih Mengembangkan Hasil Belajar Siswa di Kelas PAI”.

Fitria. (2020). Pembinaan Model Pembelajaran PBL Berbasis Komputerisasi pada Generasi Muda untuk Bekerja di Bumi yang Peduli dan Berlogika. Cet. Saya (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Hardani. (2020). Teknik Eksplorasi Subyektif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Arsip Ilmiah

Hendra. (2023). Semoga beruntung, Masalah Pemerintahan dan Santri, Cet. Saya, Madinah: Umsu Press.

Huliatunnisa, Y. (2022). Dasar pembuatan kurikulum sekolah dasar. Cet. Jawa Barat : Saya Anggota Trace Cv. Ikapi

Khon, A. (2011). Praktikum Qiro'ah: Keanehan Membaca Al-Qur'an dari Qiro'at Ashim Hafash, Jakarta: Amzah.

Qahar Zainal, A. & Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134

Rosmiati dan Ratika Nengsi”(2023) Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” (Makassar : Education and Learning Journal )

Surani. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii C Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Education And Learning Journal, Vol.3, No 2.

Syahid Akhmad. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journa, Vol.1, No., 1.

Syarifah. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 57–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel