Eektivitas Metode Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Higher Order Thinking Skill Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Muhammad Syahrul, Ika Bella, Abdul Wahab, Bambang Sampurno

Abstract


PenelitianinimembahastentangEektivitas Metode Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Higher Order Thinking Skill Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan metode pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Higher Order Thinking Skill peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 36 Makassar. 2) Efektivitas metode pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Higher Order Thinking Skill peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 36 Makassar. Efektivitas merupakan memilih tujuan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dengan kata lain dikatakan efektiv jika dapat memilih metode yang tepat untuk mencapai tujuan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII rombel VIII.6, VIII.7, VIII.8, VIII.9 dengan jumlah 93 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah 48 responden. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa:1)Pelaksanaan modelpembelajaran Creative Problem Solving hanya diterapkan di bab tertentu saja. Metode pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill, berfikir mandiri serta berfikir kreatif peserta didik melalui diskusi kelompok yang telah telah dibentuk. 2) Efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving dengan dibuktikan hasil rata-rata nilai postest lebih besar jika dibandingkan dengan nilai pretest. Berdasarkan uji rata-rata dengan menggunakan uji t diperoleh = 11.231 dan = 2.012. Karena > , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dengan metode pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Higher Order Thinking Skill kelas VIII tinggi dari pada nilai rata-rata hasil belajar dengan metode konvensional. Dan berdasarkan uji N-Gain rata-rata keefektivan metode Creative Problem Solving terhadap Higher Order Thinking Skill berada di kategori sedang yakni 0,502 dengan presentase 50,28 %.


Keywords


Metode Creative Problem Solving; Higher Order Thinking Skill; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adam Malik. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. Deepublish.

Aris Shoimin. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.

Dina Fariza Tryani Syarif. (2019). Teknik Creative Problem Solving. K-Media.

Dr. Abdullah bin Muhammad Ali Ash-Shabuni. (2022). Tafsir Ibnu Katsir. Jabal.

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Rajagrafindo Persada.

Kementerian Agama RI. (2021). Al Quran Terjemahannya dan Tajwid. Cordoba.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.65. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Rahmat Hidayat, & Abdullah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. LPPPI.

Rifai Abu Bakar. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian (Pertama). Suka Press.

Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.Literasi Media Publishing.

Sidik Pradiana. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pertama). Pascal Books.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syafrida Hafni Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Ujang Suparman. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Pusaka Media.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 10391045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i2.810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel