Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V Di MIN 2 Jeneponto
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “ Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V Di Min 2 Jeneponto ”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn kelas V di MIN 2 Jeneponto sebelum diberikan perlakuan media pembelajaran audio visual. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn kelas V di MIN 2 Jeneponto setelah diberikan perlakuan media pembelajaran audio visual. Dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn kelas V di MIN 2 Jeneponto.Untuk menyelesaikan masalah di atas, diadakan penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatf dengan pendekatan Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest Posttest yang dilakukan pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 27 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes awal (Pre-test), pemberian perlakuan (treatment), tes akhir (Post-test) dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jeneponto. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Statistik Parametrik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pre-test dengan rata-rata 63.93 dari 27 sampel siswa dengan KKM 70 artinya, rata-rata nilai siswa pada Pre-test belum mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan. Sedangkan rata-rata dari nilai Post-test sebesar 87,83 dengan KKM 70 artinya secara keseluruhan siswa kelas V di MIN 2 Jeneponto telah mencapai standar kentutasan yang ditetapkan. Hasil perhitungan pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn kelas V di MIN 2 Jeneponto dengan menggunakan statistic parametrik dan uji t-Test menunjukkan pengaruh yang signifikan dimana dari hasil analisi Uji t-test (Paired Sampel t-Test) dengan data akhir yang diperoleh yaitu thitung = 10,255 > ttabel = 1,703 dengan taraf signifikan ? = 0,05. Dari nilai yang telah dijelaskan diatas hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh media pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn kelas V di MIN 2 Jeneponto, hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata 10,255 dilihat dari hasil Pretest dan Posttest.
Keywords
References
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan Implementasi,.
Fitri Delvi. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar di SD 023 Teluk Binjai Dumai. Jurnal Tadzakkur, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.57113/taz.v2i1.123
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Martini. (2014). “Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Ktiya Trimatra Bagi Mahasiswa Program Stidi PGMI UMI Makassar.” Universitas Muslim Indonesia.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Savitri, S. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 86–90.
Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan Implementasi,.
Fitri Delvi. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar di SD 023 Teluk Binjai Dumai. Jurnal Tadzakkur, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.57113/taz.v2i1.123
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Martini. (2014). “Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Ktiya Trimatra Bagi Mahasiswa Program Stidi PGMI UMI Makassar.” Universitas Muslim Indonesia.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Savitri, S. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 86–90.
Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.
Sujarweni, V. wiratna. (2015). SPSS untuk Penelitian.
Togatorop, I., Purba, N., & Pasaribu, E. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI SD NEGERI 091287 PANEI TONGAH. 3, 22–31.
Wahab, A., Sudarmono, M. A., & ... (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Paddinging Sanrobone. AMMA: Jurnal …, 2(10), 1293–1301.
Yuliana. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Artikel Ilmiah Oleh : Yuliana Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Smp N. 1–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.874
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0