Efektivitas Penerapan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaraan Matematika

Almukarramah Ridwan, Akhmad Syahid, Martini Martini

Abstract


Penelitian ini membahas tentang "Efektivitas Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas I MIN 2 Gowa " penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui mengetahui Efektivitas Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas I MIN 2 Gowa. Untuk mengetahui Hasil Belajar siswa pada pembelajaran matematika Kelas I MIN 2 Gowa sebelum dan sesudah penerapan media audio visual. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas I MIN 2 Gowa. Metode yang digunakan peneliti ini adalah metode kuantitatif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian tes hasil belajar berupa angket yang dibagikan kepada siswa sebelum dan sesudah penerapan media audiovisual kepada 18 siswa kelas I B MIN 2 Gowa. Hasil Penelitian dalam menggunakan Aplikasi SPSS Maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Penerapan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas I MIN 2 Gowa. Hal tersebut berdasarkan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < lebih kecil daripada nilai ? 0.05. (2) Nilai tertinggi pretest dan posttest mencapai 10, menunjukkan pemahaman tinggi setelah intervensi. Nilai terendah pretest sebesar 6, namun terjadi peningkatan signifikan pada posttest menjadi 8, menandakan bantuan media audio visual terhadap siswa yang kesulitan. Peningkatan median dari 7.00 pada pretest menjadi 9.00 pada posttest menunjukkan peningkatan kinerja mayoritas siswa. (3) Penerapan media Audio Visual dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Meskipun tidak terjadi perubahan pada skor tertinggi hasil belajar siswa yang tetap mencapai nilai 10, namun terdapat peningkatan pada skor terendah dari 6 menjadi 8 setelah penerapan media audio visual.

Keywords


Audiovisual; Hasil Belajar; Peserta Didik;

References


Agustina, Dwi Ampuni. 2017. “Model Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah.” Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora 3(2).

Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Anas, Sudijono. 2018. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Aslamiyah, Suwaibatul. 2017. Strategi Guru Dalam Penyelesaian Problematika Pembelajaran. Bogor: Cipta Ilmu.

Khasanudin, Muhamad; Cholid, Nur; Putri, Linda Indiyarti. 2020. “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi.” Creative Of Learning Students Elementary Education 3(5).

Kurniatie, Inne; Octavia, Vera. 2021. “Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Kelas Vii Di Mts Fatahillah Cimahi.” Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung 1(83).

Liansari, Vevy. 2020. Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Malik, A. 2020. “Penerapan Model PAIKEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Education and Learning Journal 1(1).

Matulessy, Andik, Et Al. 2022. “Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 13(1).

Mayer, Richard E. 2001. Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratika Nengsih, &. Ahmad Hakim. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar.” Education and Learning Journal 3(2).

Sani, Ridwan Abdul. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Subaedah, S., Syahid, A., & Widana, T. I. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 C MIN 2 Kota Makassar.” Education and Learning Journal 4(1).

Susanto, Ahmad. 2018. Pengembangan Pembelajaran IPS Di SD. Jakarta: Prenada Media.

Syaifudin, Faridhoh Nur. 2019. “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo.” Iain Ponorogo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel