Implementasi Akad Istishna pada CV. Percetakan Kamar Gelap di Kecamatan Manggala Kota Makassar dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam

Mukmin Nasuha, Andi Darmawangsa, Muhammad Akil

Abstract


Dalam penelitian ini peneliti menganalisis Implementasi Akad Istishna pada CV. Percetakan Kamar Gelap di Kec. Manggala Kota Makassar dalam Perspektif Ekonomi Islam, peneliti menganalisis dua masalah yaitu Bagaimana implementasi akad istishna pada CV. Percetakan Kamar Gelap di Kec. Manggala Kota Makssar, Bagaimana tinjauan praktek istishna pada usaha CV. Percetakan Kamar Gelap di Kec. Manggala Kota Makassar dalam perspektif hukum ekonomi islam. CV Percetakan Kamar Gelap merupakan usaha rumah tangga yang bergerak dalam bidang Sablon kaos. Kamar Gelap yang terletak di Jalan Toa Daeng III kota Makassar ini memproduksi kaos sablon . Usaha yang berdiri sejak tahun 2014 ini sudah menjadi salah satu langganan bagi Mahasiswa UMI yang berada di kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara terhadap pemilik usaha dan konsumen atau pembeli sebagai data primer dan buku-buku, jurnal, dan dokumen yang terkait dengan penerapan akad istishna sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian, simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan akad istishna dalam transaksi pemesanan barang pada CV. Percetakan Kamar Gelap dilakukan dengan pembeli memesan barang dengan menjelaskan spesifikasi barang yang diinginkan, lalu menentukan harga yang akan disepakati dan cara pembayaran boleh dilakukan dengan membayar uang muka, dicicil, maupun membayar di akhir saat barang diterima sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak sudah sesuai dengan teori akad istishna. (2) Jual beli akad istishna dibolehkan dalam Islam karena sudah dipraktekkan dan dibutuhkan, beberapa kebutuhan masyarakat tidak tersedia di pasar sehingga harus dibuatkan hal tersebut sama halnya dengan menjalankan ibadah dimana memberikan kemudahan dan membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

Keywords


Akad Istishna'; Ekonomi Syariah; Jual Beli

References


Al-Quran dan Terjemahnya

Al Bassam, Abdurrahmann, Syarah Bulughul Maram, (Jakarta : Pustaka Azam, 2006).

Arifin, Bustanul. (2016). Konsep dan Praktek Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asy-Syarbashi Ahmad, Yasalunaka Tanya Jawab Lengkap Tentang Agama Dan Kehidupan,(Jakarta: Lentera, 2006).

Adona F, Etika Bisnis Periklanan : Pelanggan Pedoman Etis dalam Iklan Televisi 2012, Jurnal Polibisnis, Vol. 4, No. 2, Oktober 2012.

Alma B, Pengantar Bisnis, (Bandung : CV Alfabeta, 1997)

Ali MM, Islamologi (Dinul islam) (Jakarta: Ikhtiar Baru-Van Hoeve 1980)

Al-Zarqani, Manahil Al-Urfan fi Ulum Al-Quran, (Mesir: Isa Al-Baby, t.t.)

Aprianto I, et al, Etika dan Konsep Manajemen Bisnis Islam, (Yogyakarta: Deepublish, 2020)

Arijanto A, Etika Bisnis Islam Bagi Pelaku Bisnis, (Jakarta : Raja Grafindo 2012)

Arikunto S, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Yogyakarta : Rineka Cipta : 1996)

Anto MBH, Pengantar Ekonomika Mikro Islami, (Yogyakarta: Ekonisia, 2003)

Aziz A, Etika Bisnis Perspektif Islam (Bandung: Alfabeta, 2013)

Azwar S, Metode Penelitian, (Cet. I: Yogyakarta : Pustaka Pelajar Off Set, 1998)

Bakar MA, Metodologi Penelitian, (Banda Aceh, tnp, 2013)

Badrun F, Suhendar, M. Arief Mufraeni, Ahmad D. Bashori, Etika Bisnis dalam Islam, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2006)

Barten K, Pengantar Etika Bisnis, (Yogyakarta, Kanisius, 2000)

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif (Jakarta: Ineca Cipta, 2008)

Djakfar M, Anatomi Perilaku Bisnis : Dialektika Etika dengan Realitas, (Malang: UIN Malang Press, 2009)

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya (Bandung : Tim Al-Qosbah 2021),

Fasa MI, et al, Eksistensi Bisnis Islam di Era Revolusi Industri 4.0, (Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2020)

Hafidhuddin D, Manajemen Syariah dalam Praktik, (Jakarta: Gema Insani, 2008) Hakim L, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam (Surakarta, 2012)

Haneef MA, Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer, terj. Suherman Rosyidi, (Jakarta: Rajawali, 2010)

Harahap I, et al, Hadis-hadis Ekonomi, (Jakarta: Kencana, 2015)

HR. Muslim, Kitab Al-Buyu : Buthlan Al-Hashah wal Bai Alladzi fihi Gharar, h. 1513

Imam Jalaluddin Al-Mahalli & Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Terjemahan Tafsir Jalalain Birikut Asbabun Nuzuul Jilid I, (Bandung: Sinar Baru Algensido, 2011)

Khurshid, Ahmad. (2012). Islamic Perspective on Economic Development. New Delhi: Institute of Objective Studies.

Karim A. Adimarwan, Bank Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004).

Khoiruddin, Etika Bisnis Dalam Islam, (Bandar Lampung : LP2M, 2015)

L. Sinour Yosephus, Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis Konteporer, (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010)

Muslich, Etika Bisnis Islami : Landasan Filosofis, Normatif, dan Substansi Impementatif, (Yogyakarta: Ekonisia, 2004)

Nasution H, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid 1 (Jakarta: UI Press, 1979)

Nata A, M.A., Metodologi Studi Islam, (Cet. 22: Jakarta : , Rajawali Pers, 2016)

Noor J, Metodologi Penelitian, (Cet. III, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2013)

Paradigma M, Metode dan Aplikasi Ekonomi Syariah (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008)

Purwaka TH, Metode Penelitian Hukum, (Jakarta : Universitas Atmajaya : 2007)

Rokhimah, Etika Bisnis (Etika dan Penerapannya), (Banten: Media Sains Indonesia, 2021), h.102-103

Rohman A, Ekonomi Al-Ghazali, (Surabaya: Bina Ilmu, 2010)

Subagyo J, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, (Cet. II, Jakarta : PT Rineka Cipta, 1997)

Subhana M dan Sudrajat, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, (Cet. II: Bandung: Pustaka Setia: 2005)

Susminingsih, Etika Bisnis Islam Pengantar Prof. Dr. Fatimah Kari (Bojong: PT. Nasya Expanding Management)

Suhendi H, Fiqh Muamalah, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008), h. 9

Syaharuddin, Etika Bisnis dalam Perspektif Hukum Islam: Studi Membangun Sistem Ekonomi yang Humanist, (Makassar : Alauddin University Press, 2012)

Syafiq A, Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam, Jurnal El-Faqih No. 1, 1 April 2019, h. 101-102

Syahata H, Etika, (Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2002)

Teguh M, Metodologi Penelitian Ekonomi, Teori dan Aplikasi (Jakarta : PT Raja, Grasindo Persada : 2005)

Tim penyusun, Pedoman Peneliti an Karya Ilmiah, (Makalah dan Skripsi Edisi Revisi IAIN Parepare, 2013)

Qardhawi Y, Daurul Qiyam wal Akhlak Fil Iqtishadil Islam Terj. Zainal Arifin-Dahlia Husni, Norma dan Etika Ekonomi Islam (Cet. 1 Jakarta: Gema Insani, 1997)

Widodo, Metodologi Penelitian Populer dan Praktis, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v5i1.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mukmin Nasuha, Andi Darmawangsa, Muhammad Akil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats