Transformasi Peran Gender dalam Keluarga: Implikasi terhadap Hukum Perkawinan dan Sistem Pendidikan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik. (2021). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia: Februari 2021. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Indonesia 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Barbara Steward, "Writing a Literature Review," British Journal of Occupational Therapy 67, no. 11 (2004): 495-500.
Budiyanto, H. (2014). Hak-Hak Anak dalam Perspektif Islam. Raheema, 1(1). https://doi.org/10.24260/raheema.v1i1.149
Chris Hart, Doing a Literature Review: Releasing the Research Imagination, 2nd ed. (London: SAGE Publications, 2018), 89-95.
Egon G. Guba dan Yvonna S. Lincoln, Fourth Generation Evaluation (Newbury Park, CA: SAGE Publications, 1989), 237-240.
Fakultas Hukum Universitas Indonesia. (2019). Studi Reformasi Hukum Perkawinan di Indonesia. Jakarta: Fakultas Hukum UI.
Fasawwa, S. S., & Hanum, F. (2023). Perspektif Gender Penyelenggaraan Pendidikan Di Sekolah Gajahwong Yogyakarta. Dimensia, 12(1), 31-39. https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.60866
Handajani, H., Relawati, R., & Handayanto, E. (2016). Peran Gender dalam Keluarga Nelayan Tradisional dan Implikasinya pada Model Pemberdayaan Perempuan di Kawasan Pesisir Malang Selatan. Jurnal Perempuan dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.22219/jpa.v1i1.2745
Handayani, L. (2022). Peran Istri sebagai Pencari Nafkah Utama dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Harum Sari Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang). Jurnal Lembaga Cendekia Aceh, 1(3), 191-198. https://doi.org/10.55927/jlca.v1i3.981
Hsiu-Fang Hsieh dan Sarah E. Shannon, "Three Approaches to Qualitative Content Analysis," Qualitative Health Research 15, no. 9 (2005): 1277-1288.
Ifdil, I., Sari, I. P., & Putri, V. N. (2020). Psychological well-being remaja dari keluarga broken home. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 35-35. https://doi.org/10.23916/08591011
John W. Creswell dan J. David Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 5th ed. (Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2018), 25-30.
Joseph A. Maxwell, Qualitative Research Design: An Interactive Approach, 3rd ed. (Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2013), 105-120.
Kathy Charmaz, Constructing Grounded Theory, 2nd ed. (London: SAGE Publications, 2014), 45-60.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2018). Laporan Tahunan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2019). Rencana Strategis
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2021). Profil Anak Indonesia 2021. Jakarta: KPPPA.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Statistik Pendidikan 2020/2021. Jakarta: Kemendikbud.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2018). Analisis Stereotip Gender dalam Bahan Ajar Sekolah. Jakarta: LIPI.
Marwan, S., & Pasrizal, H. (2020). Manajemen Pemenuhan Kebutuhan Anak Di Keluarga Dalam Perspektif Gender. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 65-65. https://doi.org/10.31958/agenda.v2i1.1993
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaa, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 4th ed. (Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2019), 70-85.
Norman K. Denzin, The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods (New York: Routledge, 2017), 300-313.
Nuraida, N., & Zaki, M. N. M. (2018). Pola Komunikasi Gender Dalam Keluarga. Wardah, 18(2), 181-181. https://doi.org/10.19109/wardah.v18i2.1780
Poortman, A. R., & Van der Lippe, T. (2009). Attitudes toward housework and child care and the gendered division of labor. Journal of Marriage and Family, 71(3), 526-541. doi:10.1111/j.1741-3737.2009.00617.x
Puspitawati, H., & Gunawan, I. (2023). Strategi Kesetaraan Gender dalam Keluarga untuk Persiapan Era Indonesia Emas 2045. Agro-Maritim, 5(4), 808-821. https://doi.org/10.29244/agro-maritim.0504.808-821
Raewyn Connell, Gender: In World Perspective, 3rd ed. (Cambridge: Polity Press, 2015), 10-25.
Sukoco, D., Hidayat, F., & Wardhana, W. (2023). Analisis Struktur Sosial Ibu Rumah Tangga Dalam Strategi Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Antroposen: Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial, 2(1), 33-45. https://doi.org/10.33830/antroposen.v2i1.5094
UNESCO. (2015). A Guide for Gender Equality in Teacher Education Policy and Practices. Paris: UNESCO.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v5i2.1140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ariesthina Laelah, Yush Nawwir, Yush Nawwir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats