Persepsi Konsumen Terhadap Hak Khiyar Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian

Andi Darmawangsa, Muhammad Akil, Ardi Ardi, Maryati Maryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi konsumen terhadap Hak Khiyar dalam transaksi jual beli online, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi persepsi tersebut dan dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen. Permasalahan utama penelitian ini adalah variasi dalam pemahaman konsumen terkait Hak Khiyar, kompleksitas informasi, dan potensi pengaruh nilai-nilai agama. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuesioner terhadap 80 responden, dengan analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi pemahaman konsumen, pengaruh positif nilai-nilai agama, dan kebutuhan akan penyederhanaan informasi. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan untuk meningkatkan kesadaran konsumen melalui kampanye edukasi, serta melakukan penyederhanaan informasi mengenai Hak Khiyar. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan persepsi positif konsumen dan mendukung keputusan pembelian yang lebih terinformasi dan berbasis hak.

Keywords


Persepsi; Hak Khiyar; Jual Beli Online

Full Text:

PDF

References


Al Mustofa, M. H., Saputra, R., & Wardani, S. N. (2023). Analisis Resiko Keamanan Pada E-Commerce Shopee Terhadap Kenyamanan Konsumen Menggunakan Metode Kualitatif. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis, 7983.

Ardiyanto, F., & Kusumadewi, H. (2020). Pengintegrasian Technology Acceptance Model (TAM) dan kepercayaan konsumen pada marketplace online indonesia. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 177.

Astuti, D. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1(1), 1326.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.

Fitra, I. (2017). Konsep Garansi dan Khiyar Aib dalam Transaksi Jual Beli (Studi Perbandingan Hukum Islam dan Hukum Positif). In UIN Ar-Raniry.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193213.

Marey, D. R. E., & Purwanto, E. (2020). Model Konseptual Minat Penggunaan E-Wallet: Technology Acceptance Model (TAM). Technology Adoption: A Conceptual Framework, 3150.

Palevy, M. R., Furqani, H., & Hasnita, N. (2020). Sistem Transaksi Dan Pertanggungan Risiko Dalam Jual Beli Dropshipping Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Sharia Economics, 1(2), 99119.

Permana, A. Y., & Kholil, M. (2019). Tinjauan Yuridis Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Jual Beli Online di Indonesia. Jurnal Privat Law, 7(1), 6067.

Rahman, I., Mayasari, R. E., & Nurapriyanti, T. (2023). Hukum Perlindungan Konsumen di Era E-Commerce: Menavigasi Tantangan Perlindungan Konsumen dalam Lingkungan Perdagangan Digital. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(08), 683691.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.

Sawlani, D. K., & SE, M. (2021). Keputusan pembelian online: kualitas website, keamanan dan kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v5i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Darmawangsa, Muhammad Akil, Ardi Ardi, Maryati Maryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats