Strategi Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

mohamad vadel misaalah

Abstract


Pengarusutamaan wawasan moderasi beragama menjadi semakin penting sebagai salah satu alternatif cara untuk membentangi peserta didik dari berbagai bentuk dan metamorfosis ideologi dan gerakan islam transnasional yang mengancam keutuhan kebangsaan Indonesia dan tengah merembes pada hampir semua aspek kehidupan di tanah air. Untuk itu, tulisan ini berupaya mendiskusikan tentang bagaimana penerapan konsep moderasi beragama dalam perspektif M. Quraish Shihab dalam proses Pembelajaran PAI.Kajian ini merupakan kepustakaan yang menggunakan metode analisis isi.Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi moderasi beragama pada pembelajaran PAI dapat mengacu pada prinsip pengembangan kurikulum integratif dengan memaksimalkan pengembangan materi pembelajaran.

References


Abdullah, M. Amin, Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin: Metode Studi Agama & Studi Islam Di Era Kontemporer (Yogyakarta: IB Pustaka, 2020)

Anwar, Rosyida Nurul, and Siti Muhayati, ‘Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum’, Jurnal Pendidikan Islam, 12.1 (2021), 1–15

Drake, Susan M., and Rebecca Crawford Burns, Meeting Standards Through Integrated Curriculum (Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development, 2004)

Drake, Susan M., and Joanne Reid, ‘Integrated Curriculum as an Effective Way to Teach 21st Century Capabilities’, Asia Pacific Journal of Educational Research, 1.1 (2018), 31–50

Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri, ‘Moderasi Beragama Di Indonesia’, Intizar, 25.2 (2019), 95–100

Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, and Encep Supriatin Jaya, ‘Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6.1 (2021), 14–25

Hamdi, Ahmad Zainul, ‘Wajah Baru Islam Indonesia: Dari Kontestasi Ke Pembentukan Lanskap Baru’, Tashwirul Afkar, 39.01 (2020), 59–78

Harto, Kasinyo, Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik (Yogyakarta: Semesta Aksara, 2021)

Huda, Nur, Nur Hamid, and Muhammad Khoirul Misbah, ‘Konsep Wasathiyyah M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah (Analisis Hermeneutika Hans-Georg Gadamer)’, International Journal Ihya’ ’Ulum al-Din, 22.2 (2020), 198–231

Husna, Ulfatul, and Muhammad Thohir, ‘Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14.1 (2020), 199–222

Irama, Yoga, and Mukhammad Zamzami, ‘Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020’, KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11.1 (2021), 65–89




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v2i2.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 mohamad vadel misaalah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats