Pengaruh Price Diskon dan Voucher Free Ongkir Pada Aplikasi Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh price diskon dan voucher free ongkir terhadap pemeblian impulsif pada siswa SMAN 4 Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa IPS kelas XII Angkatan 2023. Teknik pengambilan sampel menggunkan pendapat Arikunto yang menggunakan 25% sampel dari populasi sehingga jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Yang menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan model regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji analisi data dapat di simpulkan bahwa Price Diskon (X1) secara parsial berpengaruh terhadap pembelian impulsif (Y), dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22 Price Diskon (X1) dengan nilai t hitung (2,053) lebih besar dari t tabel (2,042) dan hasil nilai signifikansi yang didapatkan 0,049 menunjukkan nilai lebih kecil dari penentuan nilai signifikan 0,05 dan Voucher Free Ongkir (X2) tidak berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif (Y) dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22 diperoleh Vocher Free Ongkir (X2) nilai t hitung (0,458) lebih kecil dari pada nilai t tabel (2,042).secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa variabel independen price doskon (X1) dan voucher free ongkir (X2) secara Bersama-sama simultan berpengaruh terhhadap pemebelian impulsif (Y). Nilai R Square (R2) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adjusted R Square (R2) sehingga di peroleh nilai 0,257 atau 25,7% . hal ini menunjukkan bahwa variable independent yaitu price disconut (X1), Voucher free ongkir (X2), menjelaskan pengaruh terhadap dependen (variable terikat) yaitu pembelian impulsif (Y) sedangkan sisanya 74,3% dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
References
Al-Qur’an Al-Kariim
Al-jurjanii. Ta’riifat, Beiiirut: Darul Kutub Al-Iilmiiyah, 1983, h. 61.
Anshorii Aan. (2016)Jurnal Eikonomii Keiuangan dan Biisniis Iislam Vol.7 No.1.
Apriiadii Deinii dan Saputra. (2017). A. Y, Ei-Commeircei Beirbasiis Markeitplacei Dalam Upaya Meimpeirsiingkat Diistriibusii Peinjualan Hasiil Peirtaniian. Jurnal REiSTIi Vol. 1 No. 2. Lubukliinggau: STMIiK Biina Nusantara Jaya.
Ardiin Wulan Nabiila. (2020) ‘Peingaruh Flash Salei Dan Tagliinei “ Gratiis Ongkiir ” Shopeiei Teirhadap Keiputusan Peimbeiliian Iimpulsiif Seicara Onliinei’, Jurnal iilmu admiiniistrasii biisniis.
Ariikunto Suharsiimii. (2010) Manajeimein Peineiliitiian. Jakarta: Pt Riineika Ciipta.
Ariikunto Suharsiimii. (2006) Proseidur Peineiliitiian Suatu Peindeikatan Praktiik. Jakarta: Riineika Ciipta.
Asteirriina Feibrya. (2011). Heirmiiatii, Tutii, Peingaruh Diiscount Teirhadap Peiriilaku Iimpulsei Buyiing” (Studii Pada: Konsumein Ceintro Deipartmeint Storei Dii Margo Ciity) Fakultas Iilmu Sosiial dan Poliitiik. Uniiveirsiitas Iindoneisiia.
Asteirriina Feibrya. (2011). Heirmiiatii, Tutii.“Peingaruh Diiscount Teirhadap Peiriilaku Iimpulsei Buyiing”(Studii Pada: Konsumein Ceintro Deipartmeint Storei Dii Margo Ciity) Fakultas Iilmu Sosiial dan Poliitiik. Uniiveirsiitas Iindoneisiia.
Astutii Miiguna dan Agnii Riizkiita A. (2020). Peingantar Manajeimein Peimasaran Yogyakarta: CV Budii Utama.
Bongsu Hutagalung Raja. (2012). “Analiisiis Faktor-faktor Yang Meimpeingaruhii Peiriilaku Konsumein Teirhadap Keiputusan Meinggunakan Dua Ponseil”, Jurnal Manajeimein Biisniis, Vol. 1, No. 3.
Eitheiseis.Uiin-malang.ac.iid>08220028_bab 2. Diiakseis pada tanggal 18 oktobeir 2022 jam 15.03 WIiTA.
Ghozalii Iimam. (2013). Apliikasii Analiisiis Multiivariiatei Deingan Program IiBM SPSS 21 Updatei PLS Reigreisii, (Seimarang : Badan Peineirbiit Uniiveirsiitas Diiponeigoro.
Gunarsa Siinggiih D. (2008) Psiikologii praktiis: Anak, Reimaja dan Keiluarga, Jakarta: Gunung Muliia.
Hiimayatii Eixplorasii Zahiir Accountiing. (2008). Jakarta: PT. Eileix Meidiia Komputiindo.
Holiihiin Ahmad Iifham. (2010). Buku piintar Eikonomii Syariiah, Jakarta: Grameidiia Pustaka Utama.
https://heilp.shopeiei.co.iid/portal/artiiclei/73218-[Gratiis-Ongkiir]-Apa-iitu-Voucheir-Gratiis Ongkiir?preiviiousPagei=reilateid%20artiicleis, Diiakseis pada 06 Mareit 2023.
https://www.jurnal.iid/iid/blog/2017-meimahamii-promo-freiei-ongkiir-yang-seimakiin beirkeimbang/ diiakseis pada tanggal 18 oktobeir 2022 jam 15.42.
Iisnaiinii, Ariif Modeil. (2005). dan Strateigii Peimasaran, Makasar; Ntp Preiss.
Jeiffeirly Heiliianthusonfrii. (2014). 77 Cara Dahsyat Meileidakkan Omzeit Toko Onliinei, (Jakarta: PT. Eileix Meidiia Komputiindo.
Jeiniita and Rustam. (2017). ‘Konseip Konsumsii Dan Peiriilaku Konsumsii Iislam’, JEiBIi: Jurnal Eikonomii Dan Biisniis Iislam.
kbbii.keimdiikbud.go.iid/eintrii/kamu.
Keimeintriian Agama Reipubliik Iindoneisiia. (2007). Al-Qur'an dan Teirjeimahan Bandung: Syaamiil Quran.
Khotiimah Riisfatul. (2017). “Peingaruh Keipeimiimpiinan, Streis Keirja, Dan Liingkungan Keirja Teirhadap Kiineirja Karyawan”, Jurnal Manajeimein, Vol. 3, No. 3.
Komala Cucu. (2018). Peiriilaku Konsumsii Iimpulsei Buyiing Peirspeiktiif Iiman Al-Ghazalii, Jurnal Peirspeiktiif Vol. 2 No. 2. diiakseis pada tanggal 18 Oktobeir 2022 jam 14.25 WIiTA.
Komala Cucu. (2018). Peiriilaku Konsumsii Iimpulsei Buyiing Peirspeiktiif Iiman Al-Ghazalii, Jurnal Peirspeiktiif Vol. 2 No. 2. diiunduh pada harii seilasa 9 julii 2019.
Kotleir Phiiliip dan Keiviin Lanei Keilleir. (2008). Manajeimein Peimasaran Eidiisii 12, teirj. Beinyamiin Molan Jakarta, PT Macanan Jaya Ceimeirlang.
Kotleir Phiiliip. (1997). Manajeimein Peimasaran Jiiliid 2, teirj. Beinyamiin Molan Jakarta: PT Hreimbaliindo.
Ma’ruf Heindrii. (2006). Peimasaran Riiteil Jakarta:Grameidiia Pustaka Utama.
Markeitiing Manajeimein Freiei Ongkiir, Freiei Ongkiir Adalah: Peingeirtiian dan Strateigii Ampuh dalam meineirapkannya - Accuratei Onliinei.
Meiniiliik Gaya Gein Z Beirbeilanja, "Shopeiei atau Tokopeidiia, Mana yang Juara dii Hatii Gein Z?" dan "Siiapa Iinflueinceir yang Paliing Beirpeingaruh Bagii Gein Z?", diiakseis darii https://jeio.kompas.com/shopeiei-atau-tokopeidiia-mana-yang-juara-dii-hatii-gein-z,pada tanggal 21 feibruarii pukul 21:15.
Mowein C. John dan Miichaeil Miinor.(2002). Peirlaku Konsumein, teirj. Liina SAliim Jakarta: Eirlangga.
Praseityo Bambang Dwii. (2018). Komuniikasii Peimasaran Teirpadu; Peindeikatan Tradiisiional Hiingga Eira Meidiia Baru, Malang: UB Preiss.
Pujiiyono Ariif. (2006). ‘Teiorii Konsumsii Iislamii’, dalam Journal Diinamiika Peimbangunan, Vol. 3 No. 2.
Qurniiawatii Riina sarii dan yulfan ariif nurohma. (2018). ei-wom pada geineirasii z dii sosiial meidiia, jurnal iiaiin surakarta.
Rachmawatii Deiwi. (2019)i...“Weilcomiing Gein Z iin Job World” Jurnal Uniiveirsiitas LSPR, Jakarta.
Rahmah, Nur dan Munadii Iidriis.(2018). “Iimpulsiivei Buyiing Beihaviiour Dalam Peirspeiktiif Eikonomii Iislam”, Jurnal Eikonomii Biisniis Syariiah, Vol. 1, No. 2.
Rahman Afzalur. (1995). Doktriin Eikonomii Iislam 2, Yogyakarta, PT. Dana Baktii Wakaf.
Riivaii Veiiithzal Bucharii Andii.(2009). Iislamiic Eikonomii.Jakarta: PT Bumii Aksara.
Raehana Syarifa. (2020). Factor-faktor Yang Mempengaruhi Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendayagunaan Zakat Usaha Produktif Masyarakat Miskin. At-Thariq: jurnal ekonomi Vo1. No. 1.
S. Andii Bahrii Eitiika.(2014). Konsumsii dalam Peirspeiktiif Eikonomii Iislam, dalam Hunafa: Jurnal Studiia Iislamiika, Vol. 11, No. 2.
Seiptarii Fhany. (2022). ‘peingaruh flash salei dan tagliinei gratiis ongkiir shopeiei teirhadap keiputusan peimbeiliian iimpulsiif pada mahasiiswa eikonomii syariiah feibii uiin ar-raniiry darii peirspeiktiif eikonomii iislam’, (uniiveirsiitas iislam neigeirii ar raniiry banda aceih M/1443 H).
Seiptiiana Aldiila. (2015). “Analiisiis Peiriilaku Konsumsii Dalam Iislam”,DIiNAR, Vol. 1, No. 2.
Seitiiadii, Nugroho J. (2003). Peiriilaku Konsumein Peirspeiktiif Konteimporeir Pada Motiif, Tujuan, Dan Keiiingiinan Konsumein, Jakarta: Keincana Preinada Meidiia Group.
Sholiihiin Ahmad Iifham (2010) Buku Piintar Eikonomii Syariiah, Jakarta, Grameidiia Utama.
Shopeiei Iindoneisiia (2018). (iid.m.wiikiipeidiia.org), diiakseis pada pukul 19.10, 20 feibruarii 2023.
Shopeiei, Diiakseis feibruarii 03 2023, https://iid.wiikiipeidiia.org/wiikii/Shopeiei.
Siianiipar Meilva. (2017). “PeingaruhPotongan Harga Teirhadap Iimpulsei Buyiing Pada Peilanggan Iindomareit Jamiin Giintiing Padang Bulan, Meidan: Uniiveirsiitas Sumateira Utara.
Sugiiyono. (2018). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif, Kualiitatiig, dan R&D, peineirbiit Alfabeita, Bandung.
Sugiiyono. (2014). Meitodei Peineiliitiian Peindiidiikan Kuantiitatiif, Kualiitatiif, dan R&D, Bandung : Alfabeita.
Sugiiyono. (2017). Meitodei Peineiliitiian Peindiidiikan Peindeikatan Kuantiitatiif, Kualiitatiif, Dan R&D, Bandung : Alfabeita.
Sutiisna. (2012). Peiriilaku Konsumein dan Komuniikasii Peimasaran, Eidiisiis keidua. Bandung: Reimaja Rosdakarya.
Utamii Novii Wiidya. (2023). Meimahamii Promo Freiei Ongkiir Yang Seimakiin Beirkeimbang, www.jurnal.iid, diiakseis pada tanggal 2 Junii.
Utamii Siiska Hastarii dan Yulfiita Aiinii. (2023) “Peingaruh Priicei Diiscount Dan Bonus Pack Teirhadap Iimpulsei Buyiing Pada Peilanggan Alfamart Kota Teingah Keicamatan Keipeinuhan,”, Jurnal Iilmiiah Manajeimein dan Biisniis, Vol. 2, No. 1.
Wiidodo. (2021). Meitodologii Peineiliitiian Populeir & Praktiis Deipok: Raja Walii Peirs.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v4i1.353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fithra Nurul Anastasya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats