Analisis Sistem Waralaba Franchise Pada Sektor Makanan Menurut Pandangan Hukum Ekonomi Syariah
Abstract
Untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap Sistem pola kemitraan Waralaba di Yasaka Fried Chicken Untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam pada bisnis Yasaka fried chicken.Jenis penelitian yang digunakan adalah data kualitatif (field research). Penelitian dengan metode ini karena beberapa pertimbangan yaitu pertama, menyesuaaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan-kenyataan. Kedua, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan narasumber/informan. Dan ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Penelitian dengan pendekatan ini hanya menggambarkan tentang keadaan yang terjadi dilapangan atau dilokasi penelitian dan sebagai karya ilmiah tidak terlepas mengadakan penelitian kepustakaan dengan cara melalui buku yang relavan dengan masalah yang diangkat. Asas kebebasan berkontrak berhubungan dengan isi perjanjian, yaitu kebebasan menentukan “apa” dan dengan “siapa” perjanjian ini diadakan. Perjanjian yang dibuat sesuai dengan Pasal 1320 KUHPerdata mempunyai kekuatan mengikat. Kebebasan berkontrak adalah salah satu asas yang sangat penting didalam hukum perjanjian, kebebasan adalah perwujudan dari kehendak bebas, pancaran hak asasi manusia.Dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang dipergunakan adalah Data primer adalah data yang diperoleh peneliti dari orang pertama, dari sumber asalanya yang belum diolah dan diuraikan orang lain. Dalam penelitian ini yang menjadi data primer, yaitu data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumentasi Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumen-dokumen resmi, buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian, hasil penelitian dalam bentuk laporan, skripsi, jurnal, tesis, dan disertai peraturan perundang-undang. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui catatan-catatan atau dokumen yang relavan dengan masalah yang diteliti. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Penelitian kepustakaan ( Library Research )dan penelitian lapangan (field research)Adapunl angkah-langkah yang dilakukan penulis dalam menganalisis data adalah dengan cara sebagai berikut: Mengumpulkan data, yaitu dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh. Menyeleksi data, yaitu suatu proses dalam melakukan pengelompokan data sesuai dengan urutan yang terdapat dalam rumusan masalah. Menganalisis data, yaitu tahap dari proses penelitian didalamnya terdapat uraian-uraian yang akan menjawab permasalahan dalam penelitian ini dengan cara menghubungkan pelaksanaaan yang terjadi di lapangan sesuai dengan teori. Menyimpulkan, yaitu dari kesimpulan tersebut akan diketahui tentang hasil akhir.Pelaksanaan Sistem waralaba Yasaka Fried Chicken Cabang Rappokalling merupakan waralaba jenis produk dan merek dagang dengan mengusung konsep waralaba lepas yang mana franchisee berhak menggunakan HKI milik franchisor serta memasarkan produknya dengan membayar franchisee fee, namun franchisor tidak ikut berperan dalam pelaksanaan manajemen serta tidak adanya bagi hasil. Pengelolaan manajemen seluruh karyawan dilakukan secara independen dari kedua belah pihak. Pihak franchisor memiliki manajemen sendiri dan pihak franchisee memiliki manajemen dan sistem sendiri. Pelaksanaan bisnis waralaba Yasaka Fried Chicken telah sesuai dengan hukum Islam dalam aspek akad, aspek pembiayaan, serta aspek pengelolaanya.
Keywords
References
Abdillah, L. A., Hasibuan, A., Purba, S., Tjiptadi, D. D., Sudarmanto, E., Solissa, F., ... & Salman, S. (2020). Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis.
Al-quranul Qarim
Alfani, Mufti Hasan. “Bisnis Waralaba Dalam Perspektif Ekonomi Islam studi kasus pada Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus Air Tiris Kabupaten Kampar”. Skripsi UIN Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2012
Anonymous, “PP Nomor 44 Tahun 1997 Tentang Kemitraan Pasal 1 No.1” http://www.depkop.go.id/phocadownload/regulasi/pp/UKM03PP_1997_4s4_ kemitraan.pdf, diakses pada 28 maret 2019
Ansori, Abdul Ghofur. Hukum Perjanjian Islam di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada Press, 2018
Ardiansah, Jaka. Wawancara, Surabaya, 11 Juni 2019 Arif Rahman. Investasi Cerdas. Jakarta: Gagas Media, 2011
Ayub, Muhammad. Understanding Islamic Finance. Jakarta :Gramedia, 2007
Bandura, Agustinus. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016
Bastoni, Hepi Andi. Beginilah Rasulullah SAW Berbisnis. Bogor: Pustaka al – Bustan, 2017
Bisma, Agus. Wawancara, Surabaya, 9 Juni 2019
Cavary M, Rizal. Rasakan Dahsyatnya Usaha Franchise. Jakarta:Elex Media, 2007
Chairunnissa, Connie. Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi Dalam Pendidikan dan Sosial. Chalil, Zaki Fuad. Pemerataan Distribusi Kekayaan dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga, 2009
Damar W, Muhammad „RI Punya 689 Waralaba, Omzetnya Rp 127T‟, http://finance.detik.com/read/2016/09/05/202011/3291709/1036/ri-punya698-waralaba-omzetnya-rp-172-t, diakses pada 27 Maret 2019
Dewi, Gemala dkk. Hukum Perikatan di Indonesia. Depok : Kencana, 2018
Ekotama, Suryono. Cara Gampang Bikin Bisnis Franchise. Yogyakarta: MedPress, 2008.
Franchise Guide Sego Njamoer Surabaya Fuad, Muhammad, et al. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustakan Utama, 2006
Hakim, Lukman. Info Lengkap Waralaba. Yogyakarta: Media Pressindo, 2008
Harun. Fiqh Muamalah. Surakarta: Muhammadiyah Medpress, 2017
Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2012.
Hermawan, Asep. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif . Jakarta: Grasindo, 2005 Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017
Martin Mendelsohn, Franchising: petunjuk Praktis bagi franchisor dan franchisee, (Jakarta: PT. Pustaka Binaman Press Indo, 1993)
Muhammad Syafi’I Antonio, Bank Syari’ah dari Teori ke Praktek, Jakarta, Gema Insani press dan Tazkia cendikia, 2001
Nur Akbar, M Azwar, “Bisnis Waralaba (franchise) dalam Pendekatan Sistem Ekonomi Islam” Skripsi UIN Alaudin Makassar, 2013.
Putra, Bagus. Wawancara, Surabaya, 9 Juni 2019
Rahman, Taufiqur. “sistem bisnis waralaba restoran ayam bakar wong solo dalam perspektif ekonomi islam”, Maraji : Jurnal Studi Keislaman, Vol 1, No. 2, Maret 2015
Ria Uripi, Cahyani, Wisnu Wijayanto. “faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan hubungan bisnis waralaba makanan lokal”, anonymous Yusnani, “Sistem Bisnis Franchise Dalam Pandangan Islam” Jurnal akuntansi dan manajemen, Vol 7 No.2, Desember 2012
Rusli,Tami. “analisis terhadap perjanjian waralaba (franchise) usaha toko alfa mart”, keadilan progresif, vol 6 nomer 1, maret 2015
Stanley, “Analisis Usaha Makanan yang Dijalankan dengan Sistem Waralaba Pada Mie Pangsit ABC Di Kota Semarang”, skripsi Universitas Katolik Soegijipranata, 2016
Baidowi, A. (2011). Etika bisnis perspektif islam. Jurnal Hukum Islam.
Harun, M. H. (2007). Fiqh muamalah. Muhammadiyah University Pres
Yazid bin Abdul Qadir, berkata benar (jujur) dan jangan dusta (bohong), https://almanhaj.or.id/4089-berkata-benar-jujur-dan-jangan-dustabohong.html, diakses 25 Mei 2019
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v4i1.461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aulia Permata Ananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats