Dampak Teknologi Informasi (Gadget) Terhadap Perkembangan Spiritual Anak(Studi Kasus Di Paud Insan Cita Tarakan)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji kasus yang berkaitan dengan dampak teknologi terhadap perkembangan spiritual anak dalam hal ini PAUD Insan Cita Kota Tarakan. Berdasarkan latar belakang masalah bahwa bagaimana peran guru disekolah dalam proses perkembangan anak. Adapun yang menjadi poko bahasan yaitu : (1) Apa saja dampak yang ditimbulkan dari gadget terhadap perkembangan anak?(2)Bagaimana peran guru dan orang tua dalam memposisikan diri sebagai pendidik terhadap perkembangan spiritual anak dari dampak yang ditimbulkan gadget ?Dalam penyusanan skripsi ini peneliti mengumpulkan beberapa referensi yang bersumber dari buku-buku yang relavan, media-media cetak, internet, dan beberapa hasil penelitian dalam bentuk publikasi dan lain sebagainya.penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis kualitatif deskripsi dengan menggunakan pendekatan studi kasus.Lokasi penelitian PAUD Insan Cita Kota Tarakan.Waktu penelitian dilakukan selama sebulan. Fokus penelitian dilakukan pada guru dan orang tuan murid PAUD Insan Cita Tarakan.Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi.Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwadampak dari gadgettidak selamanyaberdampakburuk gadget juga memiliki dampak baik bagi setiap kalangan masyarakatsesuai dengan kebutuhan masing-masing.Akan tetapi gadgetsangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anakbiasa disebut dengan "golden age period"yang dimana perkembangan anak dimasa initumbuh kembang anak sangat pesat . Maka dari itu pola asuh yang baik sangat dibutuhkan dan jugaperanpentinggurudisekolahdan orang tua sangat berpengaruh erat dengan proses tumbuh kembang anak.
Keywords
References
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta:Beras Alfath), hal. 406
Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di
Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. 2011.
Ayuningsih, Diah. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka La-
rasati. 2012.
Abdul Aziz, Hamka. Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta: Al-
Mawardi Prima. 2011.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung:
Alfabeta. 2012.
Helmawati, Pendidikan Keluarga: Teori dan Praktis. Bandung: Remaja Rsda
Karya. 2014.
Lickona, Thomas. Educating for Character, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakar-
Ta: Bumi Aksara. 2012.
Muslih, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Mulidme-
sional. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Mulyasa. Menejemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.
Mashar, Riana. Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Prena-
damedia Grup, 2015.
Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Founda-
tion. 2008.
Suwito, Umar, dkk. Tinjauan Berbagai Aspek: Character Building. Yogyakar:
Tiara Wacana. 2008.
Supriatna, Mamat. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Ju-
rusan PPB UPI Bandung. 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v4i2.536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Saprini Tria Ariska, Saprini Tria Ariska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats