Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih berpusat pada guru yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif PAI di Sekolah Dasar melalui model make a match. Studi ini berfokus pada peningkatan hasil belajar kognitif materi sifat-sifat rasul. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 3 tahapan, pre-action, action, dan refleksi. Partisipan penelitian berjumlah 25 siswa kelas IV SDN Legok I. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar pilihan ganda. Adapun keberhasilan penelitian ini merujuk pada nilai KKTP > 68. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif PAI peserta didik meningkat hingga 100% dengan pelaksanaan selama 3 pertemuan. Presentase ketuntasan pertemuan 1 52%, pertemuan 2 92%, pertemuan 3 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD (Julia, 2014). UPI PRESS.
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Aminah, S., Meilani, R.P., Shodiqin, M.A., Nislakh, Z., Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ceramah Dan Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Sekolah Dasar. Journal of Education and Language, (Vol.2, No.12). https://doi.org/10.53625/joel.v2i12.
Alwi, M., & Sholihat, Z. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Karya Sastra Berbasis Budaya Lokal Kelas IV MI NW Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 4047. https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1778
Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 98106. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17663
Aprilia, I. K. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas V C SD Widiatmika Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 118-125. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.415
Ayu Trisna, D., & Wibowo, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Grup Investigation Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V di SD Kasongan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(2), 107116. https://doi.org/10.30738/tc.v7i2.14733
Bahri, S., Muka, S., & Kuruk, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Make A Match Materi Mengenal Malaikat Allah Dan Tugasnya Kelas IV SDN Muka Sungai Kuruk Seruway. 120 ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4). https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.575
Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make a match terhadap Hasil Belajar Siswa. JPAP Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Indah, F., Permata, S., & Nugraha, J. (2020). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Surat Niaga. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Julia, J., Iswara, P. D., & Supriyadi, T. (2019). Redesigning and implementing traditional musical instrument in integrated technology classroom. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(10), 7587. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i10.10197
Julia, J., Supriyadi, T., Ali, E. Y., Agustian, E., & Fadlilah, A. (2023). Developing Elementary School TeachersProfessional Competence in Composing Traditional Songs: An Action Research in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(6), 435458. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.6.23
Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388397. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 2021, 1.
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Hutasiot, S.A., (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning(TCL) Dan Project Based Learning(PBL) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah Dan Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10), 1775-1799. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i2.1066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Juliana Marchela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0