Peran Guru dalam Menghadapi Permasalahan Belajar Siswa Slow Learner di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah

Syafna Adindatus Sholikhah, Jamilatun Nafi'ah

Abstract


Ditemukannya siswa slow learner pada siswa kelas Tiga MI Daruttaqwa Jombang menjadi landasan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana guru menangani masalah pembelajaran dan tantangan serta strategi yang mereka terapkan ketika menangani siswa yang lamban belajar. Pendekatan studi kasus dipadukan dengan metodologi penelitian kualitatif dalam penelitian ini. Guru kelas Tiga MI Daruttaqwa Jombang menjadi subjek penelitian. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Triangulasi teknis dan triangulasi sumber merupakan uji keabsahan data yang digunakan. Metode yang digunakan dalam analisis data penelitian ini adalah dengan menarik kesimpulan dari sejumlah data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Secara teoritis, guru kelas memainkan lima peran dalam pembelajaran: pembimbing, motivator, fasilitator, evaluator, dan pengelola kelas. Yang behubungan dengan tercapainya pembelajaran yang ideal. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan di MI Daruttaqwa Jombang, pendidik berperan sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator. Guru menghadapi kendala seperti ketidakmampuan siswa membaca dan menulis dengan lancar, kurangnya motivasi belajar, kurangnya kemampuan komunikasi, dan emosi yang tidak stabil.

Keywords


peran guru; siswa kelas

Full Text:

PDF

References


Arif Muadzin, A. M. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102

Latifah, A. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Peran Guru dalam Menghadapi Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 26502662. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5895

Listari, U. (2019). Peranan Guru PPKn Dalam Menerapkan Disiplin Siswa Kelas X SMA. Jurnal.Untan.Ac.Id, 6. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35777

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).

Misky, R., Witono, A. H., & Istiningsih, S. (2021). Analisis strategi guru dalam mengajar siswa slow learner di kelas iv SDN Karang Bayan. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 5765.

Mudliah, V. K., & Manik, Y. M. (2023). Analisis Permasalahan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 156161. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2383

Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4

Nurfadhillah, S., Alia, F., Setyadi, A. R., Robiah, S., Damiyah, A., Leornadho, R., Berliana, N., Gunawan, A. N., & Safitri, T. (2021). Analisis Faktor Penyebab Anak Lamban Belajar (Slow Learner) Di Sd Negeri Jelambar 01 Jakarta Barat. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 408415. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Slow, A., Di, L., & Cimone, S. D. N. (2022). M a s l i q. 2(November), 724737.

Sukma, H. H. (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 4147. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yuwono, C., Karsinah, K., Matematika, A. A.- N., & 2021, undefined. (2021). Pemanfaatan Aplikasi BERKID-EXPLORER sebagai Media Pembelajaran Matematika di Desa Eduwisata Bergas Kidul. Journal.Unnes.Ac.Id, 05(0), 13220. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45226




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i2.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 syafna adindatus sholikhah, jamilatun nafi'ah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

      

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats