Internalization of Wasathiyyah Values Through Islamic Religious Education in Countering Radicalism in Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Mamun, H. (2023). Pluralisme Agama Perspektif Abdul Karim Soroush: Kajian Teoritis dan Filosofis. As-Syari: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(3), 10231043.
Amar, A. (2018). Pendidikan Islam Wasathiyah ke-Indonesia-an. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 1837.
Ananda, E. R., & Marno, M. (2023). Analisis dampak penggunaan teknologi media sosial terhadap perilaku bullying di kalangan siswa sekolah dasar ditinjau dari nilai karakter self-confident siswa dalam konteks pendidikan. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5).
Apri Wardana Ritonga. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Quran. Al-Afkar Journal for Islamic Studies, 4(1), 7282.
Arikarani, Y., Azman, Z., Aisyah, S., Ansyah, F. P., & Kirti, T. D. Z. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(1), 7188.
Arrodhi, M. H., & Pd, M. (2021). Implementasi Nilai Moderasi Pada Materi Tasamuh Mata Pelajaran Akidah Akhlak. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(01), 3749.
Asshiddiqie, J. (2022). Peradilan Etik dan Etika Konstitusi: Perspektif Baru tentang Rule of Law and Rule of Ethics & Constitutional Law and Constitutional Ethics (Edisi Revisi). Sinar Grafika.
Atika, N. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kehidupan Moderasi Beragama Siswa. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(2), 337354.
Aulia, G. R., & Nawas, S. S. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Umat Bergama Pada Upacara Rambu Solo Di Tana Toraja. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 23(2).
Azmi, M. Y. N. (2023). Sosialisasi bullying (perundungan) sebagai upaya pencegahan terjadinya kekerasan di SD Negeri 1 Argosuko. TAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2538.
Azzulfa, F. A. (2022). Universal (alamy) yang berarti umum (berlaku untuk semua kalangan dan untuk seluruh dunia), bersifat melingkupi seluruh dunia. Dengan demikian, Hukum Islam tidak dibatasi oleh lautan maupun batasan suatu negara. Syariah Islam dikatakan universal, karena dapat. Hukum Islam, 33.
Binawan, R., & Najicha, F. U. (2023). Peranan Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Konflik Nasional. AZZAHRA: Scientific Journal of Social and Humanities, 1(3), 175185.
Chaidar, M., & Latifah, R. A. (2024). FaktorFaktor Psikologis Penyebab Perilaku Bullying. Lentera: Multidisciplinary Studies, 2(3).
Emilda, E. (2022). Bullying di pesantren: Jenis, bentuk, faktor, dan upaya pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198207.
Fahmi, I. N. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Siswa Di SMA Maarif NU 1 Kemranjen Kabupaten Banyumas [Thesis]. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Fitri, R., Ertati, E., Yetni, S., & Riantito, S. (2023). Islamic Education Management Model in Madrasah. Al-Ashri: Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 5059.
Ghazali, N. M., Mohd, R. A., Hoque, M., & Abd Manan, M. (2022). Konsep Taawun dalam Pengurusan Rumahtangga Berdasarkan Perspektif Hadis. International Prophetic Conference (SWAN) FPQS USIM, 8th, 249259.
Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021a). Moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121141.
Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021b). Moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121141.
Hadi, S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Wasathiyah dan Wawasan Kebangsaan Di Kalangan Pelajar Santi Di Lasem. Istiqro, 16(01), 79102.
Hakim, L., Nasikh, M., & Marwah, R. S. (2024). Aktualisasi Nilai Pendidikan Islam Wasathiyah Dalam Memelihara Harmoni Sosial di Basis Multikultural Desa Pait. Jurnal Tarbawi, 14(1), 3962.
Harahap, L. H. (2022). Penguatan Kecerdasan Sikap Multikultural (Sosiologis). Journal of Islamic Education El Madani, 2(1), 5359.
Harto, K., & Tastin, T. (2019). Pengembangan Pembelajaran PAI berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya membangun sikap moderasi beragama peserta didik. At-Talim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 89110.
Hendriani, A., Maulidin, A., Royani, A., Suherman, A., & Nurasikin, A. (2023). Moderasi Beragama dalam Masyarakat Multikultural (Studi Kasus Kecamatan Kramatwatu).
Kertayasa, H., Zainuri, R. D., Sasmita, M., Annisa, Q., Fudholi, A., Utomo, A. A. B., Haerudin, H., & Masruroh, S. (2022). Penguatan Moderasi Beragama di SMP Islam At-Thohariyah Telukjambe Timur Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 547553.
Kosim, M. M. (2021). Moderasi Islam Di Indonesia. LKIS PELANGI AKSARA.
Mahmudah, H. (2021). Pendidikan Agama Islam Untuk Resolusi Konflik dan Perdamaian. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 19(2), 89100.
Maimun, N., & Mohammad Kosim, K. (2019). Moderasi Islam di Indonesia. LKiS.
Muir, S., Syahril, S., & Suhaimi, S. (2022). Interpretasi Makna Wasathiyah Dalam Perspektif Al-Quran (Suatu Pendekatan Tematik). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 15511576.
Muti, A. (2019). Taawun untuk Negeri: Konteks Keindonesiaan. Muhammadiyah University Press.
Nisa, M. K., Yani, A., Andika, A., Yunus, E. M., & Rahman, Y. (2021). Moderasi beragama: Landasan moderasi dalam tradisi berbagai agama dan implementasi di era disrupsi digital. Jurnal Riset Agama, 1(3), 731748.
Nurcahyoadi, M., Hudaifi, M. F., Blawing, M. R., & Ghofur, A. (2024). Konsep Tawazun dan Aktualisasinya dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(12).
Rahman, F. (2018). Manajemen Konflik Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Raudlatul Iman Ganding Sumenep). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 282302.
Riko, P. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Pondok Pesantren Di Bandar Lampung [Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/14666/
Sari, D. I., Darlis, A., Silaen, I. S., Ramadayanti, R., & Tanjung, A. A. A. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Journal on Education, 5(2), 22022221.
Sayyi, A. (2020). Pendidikan Islam Moderat (Studi Internalisasi Nilainilai Islam Moderat di Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa dan Pesantren Annuqayah Daerah Latee Guluk-guluk Sumenep).
Siregar, R., Wardani, E., Fadilla, N., & Septiani, A. (2022). Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Pandangan Generasi Milenial. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 13421348.
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496504.
Supriaji, U. (2019). Konsep Pendidikan Spiritual. Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1), 1646.
Surachman, A. I. (2023). Pengembangan Booklet Pendidikan Islam sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Beragama Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 230256.
Takdir, M. (2018). Modernisasi kurikulum pesantren. IRCiSoD.
Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2).
Thohiri, M. K., & Rizqiyah, A. (2021). Implementasi Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Pencegahan Paham Radikalisme Siswa SMK. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 7994.
Zaini, A. W., Rusdi, N., Suhermanto, S., & Ali, W. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama di Sekolah: Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. Journal of Educational Management Research, 1(2), 8294.
Zainuddin, Z. (2022). Islah Dalam Pemahaman Quran Hadis. Jurnal Ilmiah Al-Muashirah: Media Kajian Al-Quran Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(2), 161171.
Zainuri, A. (2020). Narasi perdamaian membangun keharmonisan antar pemeluk agama di Indonesia. CV Prabu Dua Satu.
Zuhroh, K., & Sholikhudin, M. A. (2019). Nilai-Nilai Toleransi antar Sesama dan antar Umat Beragama. Journal Multicultural of Islamic Education, 3(1), 4155.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v6i1.1173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agus Nasir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0