Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bauth, M. F., Anglico, A. P., & Oliveira, D. C. R. de. (2019). Association between social skills, sociodemographic factors and self-statements during public speaking by university students. Trends in Psychology, 27(3), 677692.
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161174.
Dong, X., Burke, M. D., Ramirez, G., Xu, Z., & Bowman-Perrott, L. (2023). A Meta-Analysis of Social Skills Interventions for Preschoolers with or at Risk of Early Emotional and Behavioral Problems. Behavioral Sciences, 13(11). https://doi.org/10.3390/bs13110940
Duha, R., & Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing Di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34(1), 7787.
Hasdiana, U. (2018). Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. PENCERAHAN, 12(2), 150171.
Havens, R. (2019). Using Role Play to Teach Social Emotional Skills in the Early Childhood Classroom.
Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial-Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelompok B Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 83101.
Liana, R. S., & Marlina, M. (2021). Efektifitas Metode Role-Playing Untuk Menguragi Perilaku Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(1).
MacGowan, T. L., Tasker, S. L., & Schmidt, L. A. (2021). Differences in Established Joint Attention in Hearing-Hearing and Hearing-Deaf Mother-Child Dyads: Associations With Social Competence, Settings, and Tasks. Child Development, 92(4), 13881402. https://doi.org/10.1111/cdev.13474
Marlina. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Raja Grafindo Persada.
Marlina, M. (2011). Pengajaran Keterampilan Sosial bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif.
Marlina, M. (2014). Keterampilan sosial anak berkesulitan belajar di sekolah dasar inklusif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 921.
Marlina, M. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Psikoedukasional.
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif.
Mayasari, R. (2014). Pengaruh keterampilan sosial dan efikasi diri sosial terhadap kesejahteraan psikologis. Al-Munzir, 7(1), 98113.
Mirnawati, M. (2020). Efektifitas Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Hambatan Sosial Emosi.
Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan interaksi sosial dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui permainan congklak pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125137.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61(xxxx), 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Supriatna, E., Aprianti, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh Bermain Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Pada Siswa Paud di Kota Cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(2), 126135.
Tarnoto, N., Tentama, F., & Pranungsari, D. (2019). Experimental study based on role play method to improve social skills for pre-school aged children of street. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 155161.
Widjaningrum, W. A., & Hamdan, S. R. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar Inklusi dari Kacamata Orang Tua. Schema: Journal of Psychological Research, 2228.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v6i1.1303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Septima Aneke Femaria, Marlina Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0