Efektivitas Strategi Cubing dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Geometri bagi Siswa Diskalkulia

Ressy Nasvrela Dwi Ronisma, Marlina Marlina

Abstract


Siswa berkesulitan belajar pada umumnya mengalami hambatan dalam proses berpikir, menanggapi ransangan, dan bersosialisasi. Berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan di sekolah inklusi terdapat satu siswa diskalkulia yang menunjukkan ketidakmampuan mengenal bentuk geometri dalam belajar. Hasi identifikasi dan asesmen yang peneliti lakukan didasari oleh instrumen identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen geometri. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji keefektifan strategi cubing untuk meningkatkan pemahaman bentuk geometri pada anak berkesulitan belajar. Pemilihan subjek penelitian menggunakan instrumen identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen instrumen geometri. Penelitian menggunakan bentuk single subject research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian satu orang dengan target behaviour tiga yaitu menyebutkan, menunjuk dan mengimplementasi. Data dikumpulkan melalui observasi saat penelitian berlangsung dan alat yang digunakan berupa instrumen asesmen geometri serta pengolahan data yang digunakan yaitu pengolahan data magnitude. Data analisis dibuat dalam bentuk analisis visual gafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman bentuk geometri pada siswa setelah diberikannya strategi cubing. Disarankan kepada guru agar dapat menggunakan strategi cubing sebagai model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman bentuk geometri

Keywords


Siswa Diskalkulia; Geometri; Strategi Cubing

Full Text:

PDF

References


Alquraishy, S. W., Sagban, A. A., & Adnan, H. (2020). The role of cubing strategy in improving Iraqi EFL intermediate learners reading comprehension and attitude. International Journal of Innovation, 11(6), 14.

Faradilla, N., Putra, Z. H., & Noviana, E. (2022). The Relationship between Self-Efficiency and Mathematical Knowledge of 3-D Shapes of Fifth Grade of Elementary School. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE), 5(1), 3447.

Irawan, E. B., Sulandra, I., & Fikriyah, U. (2019). Student Verbal Interaction in Geometry Problem-Solving through Cognitive Activities. International Journal of Instruction, 12(3), 167182.

Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar.

Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Marlina, M. (2021). Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Khusus.

Marlina, M. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Aksesbilitas Psikologis Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Marlina, M., Kusumastuti, G., Makmur, N. A., & Nabila, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Pembelajaran Station Rotation Berbasis Tiered Task (Studi Eksperimen di Sekolah Inklusif Sumatera Barat). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 18(1).

Pradita, D. A. R., Maswar, M., Tohir, M., Junaidi, J., & Hadiyansah, D. N. (2021). Analysis of reflective student analogy reasoning in solving geometry problems. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 12105.

Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal PAKAR Pendidikan, 99.

Sari, F. K., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1122.

Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 100104.

Surya, C. M., Iskandar, Y. Z., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 7889.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. NUSANTARA, 2(2), 327349.

Virtusena, V., Johar, A., & Wijanarko, A. (2021). Pengelompokan Potensi Kelulusan Mahasiswa Fakultas Teknik Unib Menggunakan Algoritme K-Means (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 9(2), 206225.

https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.508

Yuni, A., & Damri, D. (2019). Efektifitas Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbaris Pada Siswa Tunagrahita. PAKAR Pendidikan, 17(2), 6266.

Yurmalia, D., & Herman, T. (2021). Student visualization in solving geometry problem: the case of reflection. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 12052.

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012052

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 20152020




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v6i1.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ressy Nasvrela Dwi Ronisma, Marlina Marlina, Marlina Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

      

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats