Hubungan Media Sosial dengan Perilaku Ujaran Kebencian Pada Anak Tunalaras Di Sekolah Inklusi

Nadila Mentari, Marlina Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku ujaran kebencian pada anak tunalaras, serta untuk mengidentifikasi bagaimana cara penggunaan media sosial memengaruhi tindakan dan respons anak tunalaras terhadap lingkungan mereka. Anak dengan gangguan tunalaras yang berada di sekolah menunjukkan perilaku ujaran kebencian, yang merupakan tindakan negatif. Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap anak tunalaras di Kecamatan Lubuk Kilangan, ditemukan 33 anak yang akan dijadikan sampel dalam penelitian mengenai ujaran kebencian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa angket skala Guttman, yang kemudian dianalisis secara statistik untuk menguji hipotesis melalui analisis korelasi product moment. Desain penelitian ini adalah korelasional, yang bertujuan untuk mencari hubungan antara dua atau lebih variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai r hitung sebesar 0,936, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi sempurna, yaitu semakin sering penggunaan media sosial, semakin tinggi kecenderungan timbulnya ujaran kebencian.

Keywords


Media Sosial; Ujaran Kebencian; Tunalaras

Full Text:

PDF

References


Amelia, Nafidatul Mauliyah, & Raissa Dwifandra Putri. (2023). Ujaran Kebencian dalam Perspektif Teori Kepribadian dalam Psikologi. Flourishing Journal, 3(2), 6173. https://doi.org/10.17977/um070v3i22023p61-73

Astuti, F. (2019). Perilaku Hate Speech Pada Remaja Di Media. Jurnal Psikologi, Hate Speech, 113.

Basuki, A. T. (2009). Uji validitas dan realibilitas dalam regresi. Bahan Ajar Ekonometrika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 124.

Dahliana, D., Supriatin, A., & Septiana, N. (2022). Literature Study: the Impact of the Use of Tik Tok Application on Education in Indonesia. on Islam and , 184197. https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/iconie/article/view/685

Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Dan R & D.

Gurning, S. T. (2023). Efektivitas Penanganan Ujaran Kebencian Berdasarkan Surat Edaran Kapolri No . 6 / X / 2015V Terhadap Gen X , Y dan Z. 03(1).

Jarmi, A., & Rahayuningsih, S. I. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Jurnal Keperawatan, 17.

Marlina. (2018). Bahan Ajar Penelitian Pendidikan. 190.

Marlina. (2019a). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.Belajar.

Marlina. (2019b). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 158.

Marlina, M., & Kusumastuti, G. (2019). Social participation of students with special eucational needs in inclusive elementary schools. Specialusis Ugdymas, 1(39), 121132. https://doi.org/10.21277/se.v1i39.412

Marlina, M., Kusumastuti, G., & Ediyanto, E. (2023). Differentiated Learning Assessment Model to Improve Involvement of Special Needs Students in Inclusive Schools. International Journal of Instruction, 16(4), 423440. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16425a

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 5564. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Mawarti, S. (2018). FENOMENA HATE SPEECH Dampak Ujaran Kebencian. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 10(1), 83. https://doi.org/10.24014/trs.v10i1.5722

Muzahid Akbar Hayat, Sjaiful Jayadiningrat, Gunawan Wibisono, & Muhammad Iwu Iyansyah. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 104114. https://doi.org/10.36418/jist.v2i1.61

Rahma Riadi, C., Wulandari, F., Marita, N., Nurdwiyanto, D., Studi Pendidikan Islam, P., & Nusantara Batanghari, I. (2023). Analisis Deskriptif Perilaku Hate Speech pada Pengguna Sosial Media. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(4), 2023. https://journal.citradharma.org/index.php/eductumDOI:https://doi.org/10.56480/eductum.v1i4.875%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Roma Doni, F. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. Ijse.Bsi.Ac.Id IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v6i2.1381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

      

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats