Pengembangan Media Playnumber Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Disabilitas Rungu

T.Fadila Aurora Putri, Marlina Marlina

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep lambang bilangan pada siswa disabilitas rungu kelas III SD yang mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pengembangan media yang di rancang untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan disabilitas rungu. Teknik pengumpulan data berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif sederhana. Jenis penelitian ini berupa R&D dan mengggukan metode ADDIE mulai dari analysis, design, development dan hanya sampai pada tahap implementation untuk pengembangan media konkret berupa Playnumber. Subjek penelitian ada 2 yaitu subjek ahli/pakar kelayakan dengan ahli media, ahli anak disabilitas rungu, ahli materi dan subjek uji coba kegunaan dengan guru kelas dan siswa disabilas rungu. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media Playnumber dapat digunakan untuk peningkatan pemahaman lambang bilangan pada disabilitas rungu dengan analisis data hasil uji validitas 93% dan uji praktikalitas 88,8% dalam pengembangan.


Keywords


Media Playnumber; Lambang Bilangan; Disabilitas Rungu.

Full Text:

PDF

References


Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Ratnasari. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(1), 3245.

Devi, A., & Intan Ni Made. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Irdamurni. (2021). Prinsip Pembelajaran Untuk Tunarungu.

Kusumawardhani, D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif Bagi. 3(1), 319327.

Marlina. (2018). Bahan Ajar Penelitian Pendidikan. 190.

Marlina, Damri, Safaruddin, Efendi, J., & Efrina, E. (2023). Design and Development of Sound and Rhythm Perception Assessment Application for Students with Hearing Impairment. International Journal on Informatics Visualization, 7(4), 23662372. https://doi.org/10.30630/joiv.7.4.2223

Marlina, M. (2020). Asesmen Akademik (Panduan Praktis bagi Guru dan Orangtua). (June).

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Marlina, M., & Rosada, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Deaf Logic Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Pada Siswa Tunarungu. PAKAR Pendidikan, 17(2), 6780. https://doi.org/10.24036/pakar.v17i2.110

Meilinda, P. (2022). Tantangan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pada Abad 21. Jurnal Pendidikan Sejarah, 19. Retrieved from https://osf.io/preprints/htms2/%0Ahttps://osf.io/htms2/download

Rahman, T., Muiz L, D. A., & Enita, E. (2022). Pengembangan Media Papan Angka Berpasangan untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 135146. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51432

Saputri, & Astifani, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan di Kelompok A TK Nasional Samirono Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(7), 759766.

Sheril, C. G., & Aulina, C. N. (2021). Improving The Ability To Recognize Number Symbols Through The Manipulative Numbers Dice Game In Children Ages 3 4 Years. Academia Open, 5, 116. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2222

Sudono, & Anggani. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v6i2.1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 T.Fadila Aurora Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

      

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats