Peranan Supervisi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrsah Aliyah Al-Hidayah kota Makassar. Supervisi yang dilakukan departemen pendidikan nasional untuk mengejar ketertinggalan mutu pendidikan di Indonesia adalah kebijakan tentang pembenahan, penyempurnaan aspek substantif yang mendukung pendidikan, yaitu kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan khususnya guru Madarasah. Supervisi pendidikan, adalah elemen strategis dalam pencapaian tujuan penedidikan.Baik tujuan pendidikan dalam konteks nasional, institusional, dan juga tujuan kurikuler. Dunia persekolahan saat mengalami dilema di suatu sisi harus meningkatkan mutu pembelajaran, disisi yang lain mengahadapi tuntutan stakeholder, sedangkan pada waktu yang bersamaan, terjadi perubahan yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Masyarakat menuntut agar lulusan persekolahan tidak terpojok dan teraliminasi dengan perubahan yang begitu deras tersebut. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana gambaran peranan supervisi Madrasah dalam peningkatan kualitas kinerja guru Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ex- post facto atau penelitan survey yang bersifat korelasional, di mana peneliti mendapatkan data berdasarkan gejala alam atau fenomena tertentu yang sudah tejadi, peneliti tidak ikut terlibat dalam proses terjadinya gejala tersebut . Jadi, peneliti hanya melakukan survei tentang peranan Supervisi Madrasah dan Peningkatan kinerja guru Madrsah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar yang terus berlansung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam. peranan supervisi dalam membantu guru menyiapkan rencana pelaksanaan sebanyak 89,19 % atau kategori sangat tinggi. peranan supervisi dalam membantu guru melakukan perencanaan pengajaran 74,97 % atau kategori tinggi. peranan supervisi dalam membantu guru memahami pelaksanaan proses belajar mengajar 89,18 % atau kategori sangat tinggi. peranan supervisi dalam membantu guru melaksanakan evaluasi hasil belajar 78,37 % atau kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badrussaman, Jurnal Al-Qalam, (balitbang) Kota Makassar, Edisi Januari-juni 2016
Bafadal Ibrahim, Peningkatan profesionalme Guru Madrasah,Jakarta : Bumi Aksara, 2013
Departemen Agama RI Direktorat jenderal pembinaan kelembagaan Agama Islam, Panduan Tugas Jabatan Fungsional Supervisi Pendidikan Agama Islam
Kamal Muhammad Isa, Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta : Fikahati Aneka, 2014
Muhammad Idrus, Pengaruh Supervisian Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Sikap Keguruan TerhadapKinerja Guru SLTP di Kab. Barru, Skripsi IAIN Alauddin Makassar 2001
Munir, ”Peranan Supervisor Dalam Meningkatkan DalamMeningkatkan Kompetensi Guru Pada SLTPN di Kec. Biringkanaya Makassar” Tesis UMI Makassar 2012. Nugroho Noto Susanto, Bahan Pengarahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada rapat Kerja Rektor, Universitas, Institut Negeri Seluruh Indonesia 10Juni 2001, Jakarta:Depdikbud,
Nana Sujana, Metode Statistik, Cet III, Tarsito, Bandung: 2016
Nana Sujana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Cet III : Sinar Baru Algensindo, Bandung:
Amiruddin, Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar
Darmawati, S.Pd Supervisi Di Madrasah Aliyah Al Hidayah Kota Makssar.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rosmiati Rosmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN : 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0