Penerapan Model PAIKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Abdul Malik

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, 1 pertemuan untuk evaluasi. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang penerapan model PAIKEM bidang studi Alqur'an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Adapun instrumen penelitian yang dilakukan dilapangan yaitu: observasi langsung, angket tertutup dan tes esay. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII B  Sekolah Menengah Pertama Cokroaminoto Tamalanrea Makassar dengan jumlah siswa 16 orang. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap yang diperoleh dari pengamatan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran selama penelitian, dan data dari tes hasil belajar pada tiap siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif, yaitu menjelaskan hasil-hasil tindakan selama proses belajar mengajar, dan secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu skor rata-rata, tabel frekuensi, nilai minimum, nilai maksimum, dan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran sesuai dengan hasil observasi selama tindakan kelas berlangsung dan Nilai rata-rata mulai siklus 1 sampai siklus 2, setelah dianalisis dari hasil penelitian yaitu dari pra siklus 62,18%, atau kriteria tingkat keberhasilan siswa dianggap “Gagal”, siklus 1 70,62%,  kriteria tingkat keberhasilan siswa berada pada “Baik”, dan siklus II 82,62%, atau kriteria tingkat keberhasilan siswa berada pada “Sangat Baik”.

Keywords


Penerapan PAIKEM; Model PAIKEM; Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Imam Ibnu Qudamah Al-Makdisi, Mukhtasar Minhajul Qashidin, Cet. IX ; 3 Jakarta : Al-maktab Al-Islamia, 2000

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahan, Cet. I ; Jakarta Selatan : Cahaya Qur'an, 2011

Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif, Cet. I ; Bandung : Yrama Widya, 2013

Gantun Arif, dalam Anas Sudijono, Statistik Pendidikan, Cet. XXI ; Jakarta : Rajawali Pers, 2010.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamd, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Cet. VII ; Bumi Aksara, 2017

http : // file.upi.edu / Direktori /FPMIP. Bahan ajar (Minggu ke 12) Pengolahan Hasil Penilaian Compatibility Model, 2010.

Intan Nur, Pengaruh Kretivitas Guru Al-Qur’an Hadis Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Peserta Didik, Makassar : UIN ALAUDDIN, 2017.

Kurniasih Imas dan Sani Berlin, Penelitian Tindakan Kelas, Kata Penah, 2014 Mohamad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran, Cet. II ; Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2016

Muhammad Rusydi Ikhsan, Penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyeangkan, SMPN 1Parigi Kabupaten Gowa, 2014

Munzeir Suparto, Ilmu Hadis, Cet. IX ; Jakarta : PT Raja Grafindo, 2014

Masitoh, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Materi Hukum Bacaan Idgham Bilaghunnah, Idgham Bighunnah Dan Ikhfa Di Kelas VIII MTs Ali-Imron Medan, 2017

Nurhasana Bakhtiar, Pendidikan Agama Islam, Cet. I ; Yogyakarta : Aswaja Presindo, 2013

Rusman, Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. VI ; PT Raja Grafindo Persda, 2013

Subana, at, All, Statistik Pendidikan, Cet. X ; Bandung : Pustaka Setia, 2000

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. XXV ; Bandung: Alfabeta, 2017

Suharisimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Cet. XV ; Jakrta: PT Bumi Aksara, 2013

Syahidan Nurdin, dalam Darmiwati, Inovasi Pembelajaran Efektif, Ed. VI ; Bandung: Yrama Widya, 2013.

Tim Penyusun Kamus pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. VI; Jakarta: Gramedia, 2008.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif, Cet. II ; Jakarta : Kencan Prenada Media Group, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Malik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats