Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa

Andi Marauleng, Ahmad Hakim, Salim Hasan, M. Hasibuddin M. Hasibuddin

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 27 Makassar serta faktor pendukung serta penghambat yang dialami guru dalam proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru dalam upaya-upaya menginternalisasikan nilai-nilai karakter serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif, yang memberikan gambaran mendalam tentang peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter sudah dilakukan semaksimal mungkin dengan penerapan penerapan aspek nilai-nilai karakter seperti aspek religius, kejujuran, kedisiplinan, mandiri dan tanggung jawab. Ada empat peranan yang dilakukan guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada siswa. 1) Peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran yang dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran seperti membaca doa sebelum belajar dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, rohis dan lainnya. 2) Peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan dengan membiasakan siswa untuk shalat dhuhur dan dhuha berjamaah dan membaca Al-Qur'an sebelum pembelajaran. 3) Peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui keteladanan dilakukan oleh guru dengan memberikan contoh yang baik seperti datang tepat waktu, dan shalat berjamaah di masjid. 4) Peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui nasehat dan motivasi dilakukan dengan selalu memberi nasehat baik dalam pembelajaran maupun ketika upacara bendera dan berbagai kesempatan. Adapun faktor pendukung yang meliputi: Program kegiatan sekolah yang mendukung. Kerjasama yang baik dari semua warga sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter. Peran positif kerjasama guru-orang tua dalam perkembangan siswa. Sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat yang meliputi: Kurangnya dan rendahnya kesadaran para peserta didik. Kurangnya dukungan dan kerja sama orang tua dan Lingkungan sekitar.


Keywords


Peran Guru; Nilai-Nilai Karakter; Nilai Kejujuran; Tanggungjawab

Full Text:

PDF

References


Amelia, J. (2021). Peran Keteladanan Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMP Negeri 07 Lubuklinggau. Al-Bahtsu, 6(1), 87–95.

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education, 2(2), 112–129. https://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401/1595

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Dian Andayani, A. M. (2013). Pendidikan Karakter Perspekti Islam. PT. Remaja Rosdakarya.

Fasya, A. Z. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MI Unwanul Khairiyyah Depok. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hakim, A., & Hasan, S. (2024). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 15 Makassar. Journal of Gurutta Education, 3(1), 1–15. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1563

Hakim, A., & Shamad, I. (2023). Pembinaan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI Pulau Salemo Kab. Pangkep. Journal of Gurutta Education, 2(1), 31–43. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1035

Hasibuddin, H., & Setiawati, N. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education, 2(2), 98–111. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1400.

Kemendikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Depdikbud.

Nurfatimah, A., Shamad, I., & Hasibuddin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros. Journal of Gurutta Education, 2(2), 78–97. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1393

PERPRES. (2017). PERPRES Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pasal 1.

Saad, S., & Hakim, A. (2022). Peran Guru Muslimah Dalam Pendidikan Karakter di SMP-IT Darul Istiqamah Maros. Journal of Gurutta Education, 1(2), 139–162. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/980

Sugiyono. (2016a). cara mudah menyusus skripsi, tesis dan disertasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D,. Alfabeta.

Zubaedi. (2017). Strategi Pendidikan Karakter untuk Paud dan Sekolah,. Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Marauleng, Ahmad Hakim, Salim Hasan, M. Hasibuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

vegas123

erek erek 2d


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats

slot kedai

slot777