Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Andi Bunyamin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat “Penerapan  Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta  Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Xi Di  Ma Guppi Samata Gowa”. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mendekskripsikan Penerapan  Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta  Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Xi Di  Ma Guppi Samata Gowa. Jenis eksplorasi yang  digunakan adalah Eksplorasi Kegiatan Wali Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek dalam eksplorasi ini adalah siswa kelas XI Mama GUPPI Samata Gowa yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan informasi dalam eksplorasi ini adalah persepsi, pertemuan, tes, dan dokumentasi. Strategi pengujian data yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah dengan menggunakan persamaan perhitungan laju dan nilai rata-rata (Mean) dalam menguraikan pemenuhan hasil belajar siswa. Akibat pengujian penggunaan Model Pembelajaran Gruop Investigation dengan memanfaatkan siklus I dan siklus II dapat beralasan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sepanjang keberadaan mata pelajaran Kebudayaan Islam kelas XI Mama GUPPI Samata Gowa setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dan siklus II. Pada siklus dasar, sebanyak 23 siswa mencapai puncak dengan rata-rata skor 74,14 pada kelas “cukup” dengan perolehan 57,15%. Sementara itu, pada Siklus II peserta didik yang tuntas bertambah menjadi 31 peserta didik dengan nilai rata-rata 84,85 dengan klasifikasi “sangat baik” dengan capaian 88,58%.

Keywords


Model Pembelajaran; Group Investigationl; Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.

Azizah, A. N. I., Hidayatulloh, A., & Apriliana, A. R. (2023). ILMU PENDIDIKAN ISLAM (Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia). Penerbit Tahta Media.

Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Duli, E. O. (2015). Komunikasi Nonverbal Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Provinsi Kalimantan Timur Di Kota Samarinda. EJurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 311–332.

Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.

Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15–26.

Kuncoro, M. W. (2012). Evaluasi Kualitas Tes Psikologi Kepribadian I. Jurnal SosioHumaniora, 3(4).

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Magdalena, I. (2023). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. CV Jejak (Jejak Publisher).

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Siswa. 1–23.

Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD materi bilangan pecahan berbasis problem based learning pada kelas IV sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279.

Purwono, S. (2022). Konsep dan Definisi Dokumentasi. Pustaka. Ut. Ac. Id, 1.

Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTs Negeri 5 Demak. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62–68.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3–456.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Syahrul, M., Rohman, P., Wakka, A., & Bunyamin, A. (2021). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IbM Pemanfaatan Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. 4.

Telaumbanua, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 839–847. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2558




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Bunyamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats