Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Makassar

Fauzan Adzimullah, Andi Bunyamin, Andi Bunyamin, M Akil Akil, M Akil Akil

Abstract


Tesis ini membahas tentang Bentuk Kesulitan Belajar yang dihadapi oleh Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bagaimana Stratregi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar yang dihadapi oleh Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk Kesulitan Belajar yang dihadapi oleh Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar yang dihadapi oleh Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Makassar.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomena logis dengan menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi sebagai metode dalam mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui langkah-langkah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Adapun yang menjadi narsumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Makassar, beberapa pendidik dan tenaga kependidikan serta beberapa peserta didik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesulitan pada materi pendidikan agama islam yaitu penguasaan baca tulis al-quran dan ilmu tajwid siswa masih kurang. Sehingga terdaftar pemicunya daro beberapa faktor yang menyebabkan Kesulitan peserta didik pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu Faktor Internal berupa minat dan motivasi dan Faktor Ekternal berupa bimbingan orang tua, minimnya Ekonomi Keluarga, Media Massa dan Lingkungan Sosial. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 14 Makassar dengan menggunakan metode yang bervariasi, variasi media dan Les Khusus adapun tambahan upaya Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Makassar yaitu berupa Pengamatan, Pendekatan, Bimbingan dan Evaluasi.

Keywords


Bentuk Kesulitan Belajar_1 Strategi Guru Pendidikan Agama Islam_2

Full Text:

PDF

References


Baso, Samad, and Andi Banna, ‘Manajemen Pembinaan Santri Tahfizh Al-Qur’an’, Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16.2 (2020), 175–92

Gumanti, Ary Tatang, Metode Penelitian Pendidikan (Bogor: Mitra Wacana Media, 2016)

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017)

Indonesia Republik, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016)

Kementrian Agama Republik Indonesia, ‘Pesantren: Dulu, Kini Dan Mendatang’, 2023

Kementrian Agama RI, Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam (Jakarta: Kementrian Agama RI, 2014)

———, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan (Jakarta: Kementrian Agama RI, 2019)

Muhakamurrohman, Ahmad, ‘Pesantren: Santri, Kiai Dan Tradisi’, Jurnal Kebudayaan Islam, Vol.12 No. (2014)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2015)

Sidiq, Umar, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan (Ponorogo: CV Nata Karya, 2019)

Sudaryono, Metodologi Penelitian (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)

Surani, ‘MANAJEMEN PEMBINAAN SARJANA PENGABDI DESA (SPD) UMI DI DESA MITRA BINAAN YAYASAN WAKAF UMI’

Wardoyo, Paulus, 6 Alat Analisis Manajemen (Semarang: Semarang University Press, 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v21i2.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauzan Adzimullah, Andi Bunyamin, Andi Bunyamin, M Akil Akil, M Akil Akil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88