Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik

Serli Serli, Nuraeni Abdullah, Martini Martini

Abstract


Skripsi ini berjudul Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik Kelas IV di SDN 057 Inpres Siratuang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidik dalam meningkatkan motivasi terhadap pembelajaran bahasa indonesia bagi peserta didik kelas IV Di SDN 057 Inpres Siratuang kecamatan luyo kabupaten polewali mandar. Untuk mengetahui bagaimana motivasi peserta didik terhadap pembelajaran bahasa indonesia kelas IV Di SDN 057 Inpres Siratuang kecamatan luyo kabupaten polewali mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penomenologi, mendeskripsikan dan menggambarkan kenyataan yang ada serta melakukan pendekatan terhadap pendidik dan peserta didik, sehingga diharapkan data yang diperoleh akan lebih maksimal dan sesuai dengan fenomena yang dialami oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peran pendidik dalam meningkatkan motivasi terhadap pembelajaran bahasa indonesia bagi peserta didik di kelas IV di SDN 057 Inpres Siratuang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pendidik bahasa indonesia dan peserta didik. Sedangkan analisis data, peneliti menggunakan model interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran pendidik dalam meningkatkan motivasi terhadap pembelajaran bahasa indonesia bagi peserta didik sudah baik, pendidik berperan sebagai motivator yaitu selalu memberikan pujian kepada peserta didik yang rajin dan mampu menjawab pertanyaan serta memberikan dukungan kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 057 Inpres Siratuang sudah sangat baik, dapat dilihat dari peserta didik memiliki motivasi dalam belajar, peserta didik memiliki keinginan untuk berhasil dalam menyelesaikan setiap tugas yang di berikan oleh pendidik. Motivasi peserta didik tidak terlepas dari pendidik yang berkompetent dan kreatif dalam mengembangkan potensi peserta didik.

Keywords


Peran Pendidik; Motivasi Belajar; Pembelajaran Bahasa Indonesia;

References


Ahmad, S. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.

Bakar, R. A. (2008). Pendidikan Suatu Pengantar. Cipta Pustaka Media.

Cahyani, I. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

E. Kosasih, Khaeruddin Kurniawan, dan H. (2014). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Rosda Karya.

Martini. (2014). “Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Ktiya Trimatra Bagi Mahasiswa Program Stidi PGMI UMI Makassar.” Universitas Muslim Indonesia.

Melisrawati., Abdullah, N., & Hasriani, A. (2024). Teknik Komunikasi Dalam Pembinaan Akhlak Al-KARIMAH SANTRI DI TPA DARUL MUKHLISIN UMI PADANG LAMPE. 3(1).

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana.

Rusmain, M. Y. dan. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Kampus IAIN Palopo.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi. PT. Indeks.

St Harahap, D. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Sudarmono, M. A. (2015). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Ma’Arif Panaikang Kabupaten Bantaeng. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor