Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III.A Pada Mata Pelajaran Tematik

Ummul Hisani, Abdul Wahab, Martini Martini

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Peserta Didik Kelas III A Pada Mata Pelajaran Tematik di MIN 2 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan aplikasi tiktok pada kelas III A sehingga penelitian ini mencari apakah terdapat pengaruh aplikasi tiktok terhadap hasil belajar peserta didik kelas III A di MIN 2 Makassar. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Penelitian Ex-post facto merupakan penelitian yang meneliti sebab akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi perlakuan pada peneliti. Pendekatan kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan pertanyaan struktur yang sama pada setiap orang, kemudian semua jawaban diperoleh olah dan dianalisis. Pertanyaan terstruktur disebut kuisioner. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 24 orang responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil deskriptif skor total aplikasi Tiktok (X) peserta didik kelas III A tehadap Mata Pelajaran Tematik di MIN 2 Makassar yang berjumlah 24 sampel, diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 59,33 yang tergolong dalam kategori kurang baik, standar deviasi 9,309, variansi 86,667, skor total minimum 39 dan skor total maksimum sebesar 73. Sementara analisis deskriptif skor total hasil belajar (Y) peserta didik kelas III A tehadap Mata Pelajaran Tematik di MIN 2 Makassar yang berjumlah 24 sampel, diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 37,29 yang tergolong dalam kategori tidak baik, standar deviasi 4,477, variansi 20,042, skor total minimum 25 dan skor total maksimum sebesar 44. Adapun nilai r2 sebesar 0,266, maka dapat disimpulkan bahwa besaran pengaruh penggunaan aplikasi tiktok (X) terhadap hasil belajar peserta didik kelas III A pada mata pelajaran Tematik di MIN 2 Makassar (Y) sebesar 26,6 %.

Keywords


Pengaruh Aplikasi Tiktok; Hasil Belajar; Pelajaran Tematik;

References


Abdul Wahab, Ade Risna Sari, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, Yulius Luturmas, B. K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Universitas Widya Dharma Klaten.

Anriani. (2022). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sdn 24 Biringere. Universitas Islam Negeri.

Armylia Malimbe, Fonny Waani, and E. A. A. S. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manad. Jurnal Ilmiah Society, 1(1).

Azizah, C. (2022). Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. IAIN Kediri.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi malang terhadap penggunaan aplikasi tik tok. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2).

Junaedi, J., & Wahab, A. (2023). Pelatihan Analisis Data Statistik dengan Software SPSS Versi 24 dalam Pembelajaran Biostatistik Deskriptif. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://ejournal.stikesbbmajene.ac.id/index.php/bbm34

Maharani, T. B. and D. (2022). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 16(2).

Martini, M. S. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING RASIONAL EMOTIF TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA DDI KAB. PANGKEP. Jurnal KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1).

Rahajeng, R. S. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kabupaten Magetan. Muhammadiyah University of Ponorogo.

Saputra Adiwijaya, D. (2023). Pelatihan Dan Edukasi Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Promosi Desa Wisata Di Desa Bahu Palaw. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3).

Siti Nurhasyima Syamsuddin, Mustamin, A. W. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2).

Subaedah, S., Syahid, A., Sudarmono R, M. A., & Widana, T. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 C MIN 2 Kota Makassar. Education and Learning Journal, 4(1).

Subiyantoro, L. A. and S. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2).

Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3).

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel