Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Dasmira Dasmira, Andi Bunyamin, Ahmad Razaq, Mustamin Mustamin, Abdul Wahab

Abstract


Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaranMastery Learningdalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII.3 di SMP YP PGRI Disamakan Makassar dan apakah penerapan model pembelajaranMastery Learningdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII.3 di SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model PembelajaranMastery Learningdalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII.3 Di SMP YP PGRI Disamakan Makassar.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur kerja dalam penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.3 SMP YP PGRI Disamakan dengan jumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII.3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Nilai rata-rata peserta didik pada pra siklus yaitu 63,67 dengan persentase ketuntasan 30%, nilai rata-rata pada siklus I yaitu 76,00 dengan persentase 56,67% dan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II yaitu 88,67 dengan persentase 90,00%. Jadi, terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu 12,33 kemudian dari siklus I ke siklus II yaitu 12,67 dan peningkatan persentase hasil belajar dari tahap pra siklus ke siklus I sebesar 26,67%. Selanjutnya siklus I ke siklus II sebesar 33,33%. Kesimpulannya bahwa model pembelajaranmastery learningdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII.3 di SMP YP PGRI Disamakan Makassar.

Keywords


Penerapan;Mastery Learning;Hasil Belajar

References


Abdullah, R. (2020). Evaluasi Proses Dan penilaian Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya.

Bunyamin, A., Ahmad, & Febriyanti. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Anak Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznas Sul-Sel. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.237

Bunyamin, A., Akil, M., & Hastia. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2), 2023. http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401

Bunyamin, A., Musafir Tahir, & Abdul Wahab Moch.Noer Chalil. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran fiqih Di Kelas VII.A MTS Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.299

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Daulay, H. P. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Kencana.

Farhana, H. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas.

Indonesia, R. (2018). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.

Mustamin, M. H. & S. N. S. P. (2023). Efektivitas Teknik Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 4(2), 106–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.254

Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 100. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.

Shihab, M. Q. (2 C.E.). Tafsir al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.

Triwiyanto, T. (2020). Pengantar Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel