Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik Kelas V SD Inpres Borong Jambu 3 Makassar
Abstract
Keywords
References
Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Dianasari, Linna Meilia Rasiban and Wina. 2017. “Efektivitas Metode Peer Reading Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Dokkai.” Japanedu: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang 2(1).
Hariyanto, Suyono dan. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahalil Asna, Megawati, and Hilman. 2022. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Strategi Media Gambar Di Mi Sabilul Muttaqin Mojokerto.” Jurnal El-Aulady 1(1).
Nur Azizah, Gina, and Rostina Sundayana. 2016. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR Dan Probing-Prompting.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(3).
Nurlaelah, and Sifa Nur Aisyah. 2023. “Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di SMP IT Darussalam Makassar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(3).
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Santoso, Mochammad Rafli Firdaus and Gunawan. 2022. “Persfektif Implementasi Pasal 31 UUD 1945 Dalam Sistem Pendidikan Negara Republik Indonesia.” Jurnal Pendidikan Transformatif 1(3).
Sobandi, Rizki. 2017. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Pangandaran.” Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2).
Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3).
Subaedah, Subaedah, Akhmad Syahid, Muh. Aidil Sudarmono R, and Tirta Inzi Widana. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 C MIN 2 Kota Makassar.” Education and Learning Journal 4(1).
Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2019. “PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BERPRESTASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU MI MITRA PGMI UMI MAKASSAR.” Journal Ilmiah Islamic Resources 16(1).
Widyaningsih, Sundari, and Irsad Rosidi. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Plantae.” Jurnal Pena Sains 2(2).
Yuliana, Eka, Tio Gusti Satria, and R. Angga Bagus Kusnanto. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(3).
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1124
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0