Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik Kelas V SD Inpres Borong Jambu 3 Makassar

Nurazisah Nurazisah, Nuraeni Abdullah, Muh Aidil Sudarmono, Martini Martini

Abstract


Skripsi ini membahas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Borong Jambu 3 Makassar. Permasalahan utama yang diteliti mencakup bagaimana penerapan Cooperative Script terhadap hasil mata Pelajaran Bahasa Indonesiabagi peserta didik kelas V SD Inpres Borong Jambu 3 Makassar serta apakah model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama tahun 2024 dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas V SD Inpres Borong Jambu 3 Makassar dengan 31 peserta didik. Data dikumpulkan secara kualitatif melalui pengamatan langsung selama proses pembelajaran dan kuantitatif melalui tes hasil belajar setiap siklus. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk menjelaskan hasil tindakan selama pembelajaran dan secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif seperti skor rata-rata, tabel frekuensi, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik, yang dibuktikan dengan peningkatan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran berdasarkan observasi. Hasil tes akhir siklus II menunjukkan peningkatan signifikan, dengan nilai mencapai 93,54%. Peningkatan ini terlihat dari hasil belajar pada siklus I sebesar 70,96%, meningkat menjadi 91,30% pada siklus II. Peningkatan dari pra-siklus ke siklus I adalah 9,67%, dan dari siklus I ke siklus II adalah 22,58%, Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Inpres Borong Jambu 3 Makassar.

Keywords


Cooperative Script; Hasil belajar; Bahasa Indonesia;

References


Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Dianasari, Linna Meilia Rasiban and Wina. 2017. “Efektivitas Metode Peer Reading Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Dokkai.” Japanedu: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang 2(1).

Hariyanto, Suyono dan. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahalil Asna, Megawati, and Hilman. 2022. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Strategi Media Gambar Di Mi Sabilul Muttaqin Mojokerto.” Jurnal El-Aulady 1(1).

Nur Azizah, Gina, and Rostina Sundayana. 2016. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR Dan Probing-Prompting.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(3).

Nurlaelah, and Sifa Nur Aisyah. 2023. “Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di SMP IT Darussalam Makassar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(3).

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Santoso, Mochammad Rafli Firdaus and Gunawan. 2022. “Persfektif Implementasi Pasal 31 UUD 1945 Dalam Sistem Pendidikan Negara Republik Indonesia.” Jurnal Pendidikan Transformatif 1(3).

Sobandi, Rizki. 2017. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Pangandaran.” Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2).

Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3).

Subaedah, Subaedah, Akhmad Syahid, Muh. Aidil Sudarmono R, and Tirta Inzi Widana. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 C MIN 2 Kota Makassar.” Education and Learning Journal 4(1).

Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2019. “PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BERPRESTASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU MI MITRA PGMI UMI MAKASSAR.” Journal Ilmiah Islamic Resources 16(1).

Widyaningsih, Sundari, and Irsad Rosidi. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Plantae.” Jurnal Pena Sains 2(2).

Yuliana, Eka, Tio Gusti Satria, and R. Angga Bagus Kusnanto. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel