Pengaruh Interaksi Edukatif Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI di UPT SPF SMP Negeri 23 Makassar

Muh. Azhar, Amriani Amriani, Abdul Wahab

Abstract


Interaksi edukatif merupakan interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan tujuan Pendidikan dan pengajaran interaksi edukatif merupakan interkasi yang dengan sadar meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dari perbuatan seseorang. Guru sebagai pelaku utama dalam implementasi atau penerapan Program Pendidikan di sekolah yang memiliki peranan yang sangat strategis dalam hal ini. Guru dituntut untuk berkompoten karena guru merupakan orang pertama yang berhadapan lanngsung dengan siswa. Mereka dituntut untuk membimbing siswanya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan melalui interaksi edukatif. Motivasi belajar adalah adanya keinginan untuk selalu belajar berdasarkan faktor yang mempengaruhi baik secara intirnsik maupun secara ekstrinsik, hal tersebut dapat di ukur melalui beberapa indikator diantaranya yaitu tekun menhadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah, lebih senang bekerja mandiri, tidak cepat bosan pada tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, sarans dan prasarana belajar yang baik, serta motivasi dari guru. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Interaksi edukatif guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar, berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 29,7% dan hasil presentase 70,3%. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar juga berada pada kategori sedang dengan perolehan skor rata-rata 29,20% dan nilai presentase 70,30%.

Keywords


interaksi Edukatif; Motivasi Belajar

References


Adam Malik. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan (Pertama). Deepublish.

Andriya Hartanto. (2015). Hubungan Antara Interaksi Edukatif dengan Kreativitas Verbal Pada Siswa Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukaharjo. Naskah Pulikasi.

Aris Shoimin. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (Rose KR, Ed.; Kedua). Ar Ruzz Media.

Dr. ‘Abdullah bin Muhammad Ali Ash-Shabuni. (2022). Tafsir Ibnu Katsir. Jabal.

Kementerian Agama RI. (2021). Al Qur’an Terjemahannya dan Tajwid (Makbul, Ed.). Cordoba.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.65. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah .

Rahmat Hidayat, & Abdullah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya (Candra Wijaya dan Amiruddin, Ed.; Pertama). LPPPI.

Rifa’i Abu Bakar. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian (Pertama). Suka Press.

Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.; Pertama). Literasi Media Publishing.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar. PT. Raja Grafindo persada.

Sidik Pradiana. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pertama). Pascal Books.

Syafrida Hafni Sahir. (2021). Metodologi Penelitian (Pertama). KBM Indonesia.

Ujang Suparman. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik (Pertama). Pusaka Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel