Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak MI Daud Khalifatullah Tarakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak Kelas V MI Daud Khalifatullah Tarakan Kalimantan Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak Kelas V MI Daud Khalifatullah Tarakan Kalimantan Utara. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA GUPPI Samata Gowa dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan presentase dan nilai rata-rata (Mean) dalam menganalisis ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan menggunakan siklus I dan siklus II dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Ahlak Kelas V MI Daud Khalifatullah Tarakan Kalimantan Utara tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang di peroleh pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I peserta didik mencapai ketuntasan sebanayak 26 peserta didik dengan prolehan nilai rata rata yaitu 70 berada pada kategori cukup dengan presentasi 70.27%. Sedangkan pada Siklus II peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 32 peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 86.08 berada pada kategori sangat baik dengan presentasi 86.48%.
Keywords
References
Afandi, Muhammad., B. (2011). Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Alfabeta.
Anwar, M. F., & Rozhana, K. M. (2020). Pembelajaran Group Investigation dan Talking Chips untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 107–113. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4325
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158
Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.
Judrah, M. (2019). Konsep Pembelajaran Tuntas. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.92
Kristiani, E., Andrianti, P., Enjelie, E., Norjanah, N., & Bulandari, B. (2023). Komparatif Epistemologi-Aksiologis Kurikulum K13 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 76–92. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.337
Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93
Rokhimawan, M. A., & Leli, N. (2019). Pengaruh Strategi Point Counter Point Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Tematik. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 247–257. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3119
Safitri, N. A. (2019). Penerapan Model Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah. Islamic Education Studies: An Indonesia Journal, 2(1), 42–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/ies.v2i1.65
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54
Sinar. (2018). Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
Ula, D. M., & Arsyad, M. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Point-Counter-Point Bagi Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. Jurnal Edukasi, 5(2), 35–42.
Wahab, A., Sudarmono, M. A., Zainal, A. Q., & Azhar, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran BerbasisPowerpoint Interaktif Guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Paddinging Sanrobone. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(10), 1293–1301.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1138
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0