Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 5 Kabupaten Buton

Saat Bin Abi Wakas, Ahmad Ahmad, Muhammad Syahrul

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Kabupaten Buton. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Kabupaten Buton, 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam membentuk karakter peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogis. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi, kemudian data tersebut diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah: 1) Guru Pendidikan Agama Islam menjalankan perannya dengan baik, yaitu sebagai pengajar, contoh, pembimbing dan pengganti orang tua bagi peserta didik. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Kabupaten Buton adalah lingkungan bergaul di luar sekolah dan perkembangan teknologi seperti HP dan internet, sedangkan yang menjadi faktor pendukungnya adalah masyarakat, orang tua, dan lingkungan.

Keywords


Peran Guru; Pendidikan Agama Islam; Karakter Peserta Didik

References


Banna, A. (2022). Eksekusi Pelatihan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Education and Learning Journal, 2(1).

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50–56. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Ournal of Gurutta Education, 2(2), 112–129. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1401

Fauziyah, R., Budimansyah, D., & Muthaqin, D. I. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Civicus, 20(1), 15–25. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/civicus.v20i1.22926

Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.

Khairunnisa, K., Bunyamin, A., Raehana, S., & ... (2024). Pengaruh Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 5 Makassar. Educati and Learning Journal, 5(1), 18–24. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/816

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112

Maisyanah, M., Syafa’ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1(2), 15–30.

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Martini, M., & Nengsih, R. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak Panti Asuhan Melalui Pohon Cita-Cita. Education and Learning Journal, 1(1), 74–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.42

Minsih, M. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27.

Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18

Sinaga, D. Y. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 95–106. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.14

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel