Penerapan Model Pembelajaran Tematik Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI MTS Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 1 MTs Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 1 MTs Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Islam Kelas VIII I Di SMPN 4 Bantimurung Kabupaten Maros dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan presentase dan nilai rata-rata (Mean) dalam menganalisis ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Tematik dengan menggunakan siklus I dan siklus II dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 1 MTs Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang di peroleh pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I peserta didik mencapai ketuntasan sebanayak 20 peserta didik dengan prolehan nilai rata rata yaitu 75.14 berada pada kategori cukup dengan presentasi 57.14%.Sedangkan pada Siklus II peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 29 peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 84.86 berada pada kategori sangat baik dengan presentasi 82.85%.
Keywords
References
Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51–62. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355
Akbar, A. A., Syahid, A., & Wahab, A. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251
Ariani, N. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada bandung.
Fatmawati, E., Yalida, A., Jonata, Efendi, D., Wahab, A., Nusa, R., Marlina, Agusta, A. R., Kusumawardani, R. N., Pratiwi, D. A., Mustika, D., Rahma, E. Y. P., & Dewanto, J. (2022). Pembelajaran Tematik. Yayasan Penerbit Muhamad Zaini.
Febrianti, F., Bunyamin, A., & Ahmad, A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznaz Sul-Sel. Journal Of Islamic Laws And Studies, 2(2), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.237
Hafidhoh, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Dasar, At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 50–58.
Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Minsih, M. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27.
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. PT. Refika Aditama.
Mustamin., Zainal, Abdul Qahar., M, H. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 8–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226
Purnamasari, I., Rahmawati, R., Noviani, D., & Hilmin, H. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562
Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Sinar. (2018). Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Zulmi, Z., Rosmiati, R., & Nengsi, R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Education and Learning Journal, 4(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1198
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0