Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 22 Makassar
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B UPT SPF SMP Negeri 22 Makassar tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B UPT SPF SMP Negeri 22 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus. Prosedur kerja dalam penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII B dengan jumlah peserta didik 33 orang, yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, peningkatan dapat dilihat dari hasil tes pada pra siklus menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang tuntas terdapat 11 orang dengan presentase 33,33% dan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 61,18 termasuk kategori rendah. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 24 orang dengan presentase 72,72% dan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 78.48 termasuk kategori sedang. Selanjutnya pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas yaitu 30 orang dengan presentase 90,90% dan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86,06 termasuk dalam kategori baik. Jadi, terdapat peningkatan rata- rata hasil belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu 17,18 kemudian dari siklus I ke siklus II yaitu 7,58 dan peningkatan presentase hasil belajar dari tahap pra siklus ke siklus I sebesar 39,39%, selanjutnya dari siklus I ke siklus IIsebesar18,18%. Kesimpulanya bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam di kelas VIII B di UPT SPF SMP Negeri 22 Makassar.
Keywords
References
Arfiani, N. (2019). Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Palu. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 230–237. https://doi.org/https://doi.org/10.56488/scolae.v2i1.34
Chalil, M. N., Bunyamin, A., Tahir, M., & Wahab, A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran fiqih Di Kelas VII.A MTS Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.299
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364
Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.
Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1415
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat kurikulum dan pembelajaran.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Pendidikan, T. M. (2020). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Zifatama Jawara.
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77–97. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.13
Purnamasari, I., Rahmawati, R., Noviani, D., & Hilmin, H. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822–3835.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2020). Penerapan Model-Model Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Adiba: Journal Of Education, 2(4), 627–635.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1207
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0