Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sulviana Sulviana, Syarifa Raehana, Muhammad Syahrul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai budaya Siri’ pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI TKR SMK Negeri 3 Gowa dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi nilai-nilai budaya Siri pada siswa kelas XI TKR. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan fenomenologi melalui paradigma interpretasi. Penelitian kualitatif merupakan strategi investigasi yang menekankan pada pencarian makna, pemahaman, konsep, ciri, gejala, simbol, dan penjelasan fenomena, terfokus dan multi arah, alami dan holistik, serta mengutamakan kualitas. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data. Simple random sampling yang digunakan dalam penelitian ini di mana sampel diambil secara acak dari populasi. Menurut Miles dan Huberman, kesimpulannya dapat diuji. Menurut hasil survei, nilai budaya Siri yang diterapkan dalam pembelajaran PAI adalah Tappa mangeri kareng Allah Ta'ala (Iman kepada Allah SWT), Lambusu' (kejujuran), Sipakatau (saling menghormati), nilai Reso ( usaha/kerja keras). Adapun faktor-faktor yang menopang nilai-nilai budaya Siri bersifat internal dan eksternal, seperti (1) keteladanan pendidik di sekolah dan (2) pelaksanaan program pengembangan karakter. Kendala, yaitu faktor internal dan eksternal, meliputi (1) kurangnya pembelajaran budaya lokal di lingkungan sekolah, (2) situasi lingkungan sosial siswa, dan (3) dampak perkembangan teknologi informasi.

Keywords


Implementasi Siri'; Nilai-Nilai Budaya; Budaya Siri'; Pembelajaran Agama;

Full Text:

PDF

References


Azis, A., & Komalasari, K. (2020). Integrating Siri ’ na Pacce on Pancasila and Civic Education Subject in Elementary Schools. 3(November), 261–267.

Banna, A., Abdullah, N., & Muladi, A. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi ( Siri ’ Na Pesse ) untuk Men ingkatkan Karakter Siswa. 2(1), 57–66.

Boneterkini.id. (2019). Miris! Siswi SMP di Makassar Acungkan Jari Tengah Ke Guru. Boneterkini.Id. https://www.boneterkini.id/2019/07/miris-siswi-smp-di-makassar-acungkan-jari-tengah-ke-guru-di-dalam-kelas-videonya-viral.html

Darwis, R. dan A. U. D. (2012). Implikasi Falsafah Siri’ Na Pacce Pada Masyarakat Suku Makassar di Kabupaten Gowa. El Harakah, 14, 188.

Fatimah, S. S. (2022). Wawancara.

Mardianto, H. (2010). saleh yang salah. PT Gramedia.

Narbuko, C. dan H. A. A. (2018). Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Panjaitan, A. P. dkk. (2014). Korelasi Kebudayaan & Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan (I). Kencana.

Sidiq Umar dan Moh. Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.

Subri. (2016). Kajian Rekonstruksi “Budaya Siri†Bugis Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Jurnal Studi Pendidikan, 14(2), 156–177. http://www.umpar.ac.id/jurnal/index.php/istiqra/article/view/263

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, dan Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Rajawali Pers.

Suryana, Y. dan A. R. (2015). Pendidikan Multikulturral Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa. CV Pustaka Setia.

Wahid, S. (2010). Manusia Makassar. Pustaka Refleksi.

Yusuf, A. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PrenadaMedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0